11 Jenis Cat Rumah Berdasarkan Bahan Peruntukannya

cekbahanbangunan.com – Peranan cat sendiri tidak hanya untuk pelindung dinding saja, tetapi juga mencerminkan kepribadian penghuninya. Tak ayal, ada beragam turunan warna yang bisa Anda pilihan sesuai kepribadian Anda.

Namun begitu, ada baiknya juga Anda terlebih dahulu mempelajari dan mengenal kategori cat sebelum mengaplikasikan pada dinding ruangan Anda. Nah, berikut ini ada beberapa jenis cat berdasarkan bahan peruntukannya.

Berikut Jenis-Jenis Cat Rumah Berdasarkan Bahan

Cat Alkyd Syntetic

Jenis Cat Alkyd Syntetic Cat alkyd Synteticc merupakan jenis cat yang bisa digunakan untuk keperluan design interior hingga eksterior bangunan. Kategori Cat alkyd Synteticc ini memiliki daya kilap atau glossy yang cukup tinggi. Walaupun begitu, cat ini memiliki daya tahan akan cuaca, bebas jamur dan tahan lama.

Kebanyakan, Cat Alkyd Syntetic yang satu ini banyak diaplikasikan pada permukaan jenis besi dan kayu, tetapi ada juga yang menggunakan untuk keperluan penggunaan permukaan dinding.

Sifat-sifat : mengkilap, memiliki daya lekat yang sangat baik pada permukaan kayu dan besi, elastis, tahan cuaca dan melindungi permukaan besi dari pengaruh karat.

Cat Zinc Chromate Primer

Jenis Cat Zinc Chromate Primer

Sama seperti namanya, cat zinc chrome primer merupakan salah satu kategori cat dasar. Cat ini terbuat dari bahan zinc chromate dan digunakan sebagai cat dasar untuk logam. Penggunaan jenis cat yang satu ini lebih digunakan untuk menghindarkan besi dari korosi.

Tidak hanya untuk pengecetan logam saja, tetapi juga seng, besi dan jenis logam lainnya. Jadi bisa dikatakan, buat Anda yang ingin mengecat pagar besi, maka jatuhnya pada cat zinc chromate primer. Dengan begitu, pagar tidak akan mudah berkarat.

Sangat cocok digunakan untuk pengecatan atap seng, kontruksi yang terbuat dari besi/baja seperti kontruksi pabrik, bangunan, papan iklan, pipa besi, kursi taman dan lain-lain.

Cat Duco

Mungkin Anda pernah mendengar cat duco? Namun jangan salah cat ini bukanlah cat mobil, melainkan salah satu jenis cat bangunan. Biasa dikatakan kalau jenis cat duco merupakan cat yang paling populer.

Hal ini dikarenakan cat ini lebih dikenal dengan cat dempul. Memang kategori cat yang satu ini digunakan sebagai cat dasar guna menutupi permukaan logam atau kayu. Dengan begitu, permukannya akan lebih rapat. Dengan proses pendempulan juga, permukaan akan lebih halus.

Cat Emulsi Styrene Acrylic

Seperti judulnya, cat emulsi styrene acrylic menambahkan campuran akrilik. Kategori cat ini juga memiliki glossy yang cukup tinggi. Namun begitu, bisa digunakan untuk interior atau eksterior bangunan. Pasalnya, cukup kuat akan cuaca dan jamur serta tahan lama.

Jenis Cat emulsi styrene acrylic sangat pas diaplikasikan pada permukaan beton, plesteran, asbes, batako, hardboard atau tripleks. Pasalnya, cat ini dirasa bisa melindungi bahan tersebut dari air.

Baca Juga : Jenis Cat Tembok Berdasarkan Lapisan

Cat Epoxy

Cat epoxy adalah jenis cat dasar dengan daya ikat yang kuat karena kandungan resinnya yang kuat. Tak heran lebih banyak dimanfaat sebagai penutup permukaan sebelum proses pengecatan dilakukan. Kategori cat ini lebih banyak ditemui dalam berbagai bentuk, seperti dempul epoxy, lem epoxy atau epoxy injection. Banyak digunakan pada beton dan logam.

Cat Melamic

Cat melamic adalah cat berbahan alkyd dan resin amino. Kategori cat ini lebih banyak dimanfaatkan pada katu guna membentuk lapisan cat yang rata, halus dan tahan goresan. Bahkan bisa menghasilkan kilap tinggi. Kebanyakan digunakan untuk cat kayu interior.

Cat Polyurethane

Kategori cat ini merupakan cat transparan dengan gloss tinggi. Namun begitu, tahan gores dan permukaan halus.

Cat Remover

Merupakan kategori dengan emulsi dari bahan kimia yang bisa membuat cat dinding lama rontok atau mengelupas.

Cat Wall Sealer

Adalah kategori cat yang banyak digunakan sebagai cat dasar guna menutup pori – pori permukaan dinding plesteran yang baru. Dengan begitu, permukaan akan lebih halus dan proses pengecatan berikutnya lebih mudah.

Cat Stoving

Merupakan kategori cat yang digunakan pada pengecatan akhir logam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, biasanya melalui sistem oven juga. Cat ini digunakan untuk pengecatan tabung, barang elektronik, logam dan lainnya.

Cat Thermoplastic

Kategori cat yang banyak digunakan untuk pembuatan marka jalan.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar  11 Jenis Cat Rumah Berdasarkan Bahan Peruntukannya semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis cat yang dalam kontruksi bahan bangunan ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *