Atap Rumah Tongkonan Berbentuk

Konon hal ini merupakan sebuah pengingat terhadap leluhur masyarakt Toraja yang merupakan pelaut ulung. Atap gergaji Desain atap bangunan berbentuk gergaji umumnya digunakan untuk gedung pabrik atau industri.

6 Rumah Adat Di Indonesia Dan Asalnya Dengan Bentuk Unik

Selain karakteristik tersebut yakni jika melihat Tongkonan ini kamu pun bisa menolehnya kembali secara terus menerus.

Atap rumah tongkonan berbentuk. Atap rumah Joglo memang berbentuk tajug yang menyerupai gunung. Hal tersebut memang merupakan fungsi utama atap namun kini telah banyak jenis atap rumah yang dirancang untuk berbagai kebutuhan. Konon bentuknya yang seperti perahu digunakan sebagai pengingat jika leluhur Tana Toraja memakai perahu untuk sampai di Sulawesi.

Bagian Tongkonan yang paling terlihat mencolok adalah atapnya yang berbentuk seperti perahu. Tongkonan Toraja mempunyai ciri khas yang sangat mencolok terutama pada bagian sisi atap yang melengkung dengan sangat kuat. Deretan rumah adat berhadapan dengan lumbung alang.

Atap rumah Tongkonan berbentuk mirip perahu dengan banyak tanduk kerbau digantung di depannya. Atap rumah yang merupakan kombinasi atap pelana dan atap perisai adalah penyempurnaan dari kedua bentuk atap di atas. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam.

Arsitektur atau bentuk rumah adat Toraja atau Tongkonan menyerupai perahu layar atau longa dan dindingnya diukir serta menghadap ke utara. Sama seperti rumah adat Indonesia kebanyakan rumah Tongkonan mulai dari rangka hingga dindingnya terbuat dari kayu aru yaitu salah satu jenis kayu yang paling kuat dengan struktur sebagai berikut. Atap rumah tongkonan memiliki bentuk menyerupai perahu.

Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Jika kita perhatikan denahnya berbentuk persegi panjang mengikuti bentuk praktis dari material kayu.

Ini menjadi pengingat orang Toraja bahwa leluhur mereka menggunakan perahu untuk sampai. Kedua pekamberan Tongkonan termasuk anggota kelompok keluarga. Jenis Atap Rumah Atap adalah salah satu bagian penting untuk bangunan rumah yang melindungi penghuninya dari hujan dan terik panas matahari.

Deretan rumah adat berhadapan dengan lumbung alang. Terdapat empat jenis ukiran yang biasa terpampang pada rumah Tongkonan. Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau.

Karakteristik utama pada rumah ini ada pada sisi atap rumah yang sudah tanaman paku dan dilengkapi oleh perabotan tempo dulu. Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Atap Tongkonan mempunyai inspirasi seperti berbentuk perahu terbalik yang terdapat tanduk kerbau di bagian depan rumah.

Rumah itu dibangun sejak ratusan tahun yang lalu oleh leluhur Toraja sehingga tidak mengherankan jika atap rumah Tongkonan yang terbuat dari bambu ini banyak ditumbuhi tanaman. Ada yang mengatakan bentuknya seperti perahu telungkup atau tanduk kerbau. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai arsitek.

Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Rumah adat jawa tengah. Fungsi umum dari Tongkonan ini adalah tempat berkumpulnya para keluaraga besar untuk merayakan suatu pesta adat baik rambu tuka ataupun rambu solo.

Atap rumah yang menjadi salah satu fokus utama bangunan ketika orang lewat di depan perlu mendapatkan perhatian. Rumah adat tongkonan ini berbentuk panggung yang biasanya berdiri diatas tumpukan kayu yang memiliki ukiran berwarna kuning hitam putih dan merah. Yaitu pabarre allo pa tedong pa manuk londong dan pa sussuk.

Rumah adat Tongkonan berasal dari kayu bernama uru yang mana bisa ditemui di Sulawesi karena banyak tumbuh di sanaMenariknya rumah ini terlihat ikonik dengan atap yang menyerupai perahu. Atap rumah tongkonan terbuat dari bilah bambu yang dilapisi ijuk alang-alang atau rumbia dan berbentuk menyerupai perahu. Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu.

Atap rumah Tongkonan berbentuk mirip perahu dengan banyak tanduk kerbau digantung di depannya. Masyarakat Jawa pada umumnya sangat percaya bahwa gunung merupakan sebuah simbol yang sakral. Menurut mereka gunung adalah tempat tinggal para dewa.

Atap rumah Joglo disangga. Ketiga batu Tongkonan yang termasuk anggota keluarga biasa. Seperti rumah adat lainnya rumah Tongkonan mempunyai struktur.

Atap perisai digunakan pada bagian rumah yang memanjang ke samping sedangkan atap pelana digunakan untuk bagian depan rumah. Rumah itu dibangun sejak ratusan tahun yang lalu oleh leluhur Toraja sehingga tidak mengherankan jika atap rumah Tongkonan yang terbuat dari bambu ini banyak ditumbuhi tanaman. Lazim digunakan di rumah berukuran sedang hingga besar.

Dari segi bentuk rumah adat tongkanan berbentuk rumah panggung dengan bentuk atap yang melengkung kearah atas. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu.

Warna-warna ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat toraja. Bertolak dari fungsi itu rumah tradisional Toraja dapat diartikan sebagai tempat pertemuan Matongkonan. Rumah Tongkonan Toraja merupakan salah satu rumah adat khas Sulawesi yang sangat melegenda di Dunia.

Ada yang mengatakan bentuknya seperti perahu telungkup atau tanduk kerbau. Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai Tonkonan rumah ada TorajaDitinjau dari arti harfiahnya tonkonan bahasa Toraja berarti duduk makna leksikalnya yakni rumah tongkonan itu ditempati untuk mendengarkan serta tempat duduk untuk membicarakan dan menyelesaikan segala persoalan. Desain atap yang curam ini terdiri dari dua bidang atap atau lebih yang mempunyai sudut lereng sebesar 30 hingga 60 derajat.

Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu terdiri atas susunan bambu. Karena hal lah dua tajug dipilih sebagai bentuk atap rumah adat Jawa Tengah.

Mengenal Tongkonan Rumah Adat Toraja Yang Sarat Makna Kumparan Com

Rumah Adat Provinsi Maluku Baileo Pewarta Nusantara

149 Rumah Adat Indonesia Di 34 Provinsi Gambar Penjelasan

Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para Raja Yang Sarat Makna

6 Model Atap Rumah Tradisional Indonesia Bisa Jadi Tanda Status Sosial

Rumah Adat Toraja Nama Keunikan Gambar Penjelasan

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan Tongkonan Pewarta Nusantara

Fungsi Rumah Adat Tongkonan Toraja Berasal Dari Sulawesi Selatan

Blog Rainbow Group Rainbow Roof Group Adaptasi Atap Rumah Adat Untuk Hunian Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *