Bentuk Atap Rumah Adat Lampung

Bentuk Atap Rumah Adat Lampung

Bentuk Atap Rumah Adat Lampung. Rumah adat lampung lamban pesagi ini, dilengkapi dengan lumbung yang digunakan buat menyimpan hasil panen. Bukan karena tidak ada alasan, hal tersebut dilakukan karena kondisi alam lampung yang dialiri oleh banyak sungai.

Sejarah Rumah Adat Lampung
Sejarah Rumah Adat Lampung from ruangarsitek.id

Biasanya rumah ini digunakan untuk tempat pertemuan masyarakat suku lampung. Rumah yang berbentuk panggung ini pun bukan alasan,. Selain itu terdapat rumah yang bernama kedatun keagungan dan menjadi sebuah istana para datu atau raja.

Ciri Yang Sangat Terlihat Ialah Dibagian Atap Yang Dipenuhi Dengan Hiasan Berupa Payung Besar (Rurung Agung).

Nuwo sesat itu sendiri merupakan rumah adat lampung yang memiliki desain yang begitu khas. Mengenal seluk beluk keunikan dari setiap suku di indonesia perlu anda. Berbeda dengan rumah panggung lain yang pada bagian bawahnya digunakan buat menyimpan hasil panen.

Selain Itu Terdapat Rumah Yang Bernama Kedatun Keagungan Dan Menjadi Sebuah Istana Para Datu Atau Raja.

Umumnya, rumah ini dibangun membelakangi aliran sungai. Bentuk puncak dari atapnya runcing menyerupai bentuk tanduk kerbau. Bukan karena tidak ada alasan, hal tersebut dilakukan karena kondisi alam lampung yang dialiri oleh banyak sungai.

Lampung Memiliki Rumah Adat Yang Disebut Dengan Nama Nuwo Sesat.

Provinsi lampung sendiri memiliki rumah adat yang bisa disebut dengan nuwo sesat. Bentuk rumah lamban pesagi yaitu rumah panggung dengan atap yang berbentuk pelana sebagai perisai memiliki teritis panjang. Atap pada rumah adat lampung dilengkapi dengan ujung bubungan yang terpusat pada satu titik tengah di bagian paling atas dan terbuat dari kayu bulat yang dibuat secara bersusun dan berlapiskan tembaga.

Rumah Adat Lampung Lamban Pesagi Ini, Dilengkapi Dengan Lumbung Yang Digunakan Buat Menyimpan Hasil Panen.

Berikut penjelasan tentang jenis rumah adat nuwow sesat. Rumah yang berbentuk panggung ini pun bukan alasan,. Bagi masyarakat lampung, rumah berbentuk panggung berfungsi sebagai perlindungan dari serangan hewan seperti ular dan serangga berbahaya lainnya dikala musim hujan.

Ciri Khas Yang Ada Pada Rumah Adat Lampung Ini Adalah Pada Bagian Atap Yang Mempunyai Bentuk Payung Berwarna Putih, Merah Dan Juga Kuning.

Di musim panen, bagian bawah rumah panggung pun dapat dijadikan sebagai penyimpan hasil panen atau beberapa alat pertanian. Untuk diketahui, rumah adat ini mempunyai karakteristik yang menarik sebagai salah satu jenis rumah panggung yang ada di provinsi sumatera. Lambah pesagi berasal dari wilayah lampung barat dengan bentuk rumah panggung.

Gallery for Bentuk Atap Rumah Adat Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published.