Berikut 5 Trik Kreatif Mengecat Kayu

Berikut 5 Trik Kreatif Mengecat Kayu

cekbahanbangunan.com – Dalam dunia pertukangan ada banyak cara trik kreatif mengecat kayu yang dapat diaplikasikan agar mendapatkan hasil sempurna. Hanya saja, untuk saat ini, admin hanya menjabarkan beberapa dari cara yang ada. Beberapa trik di bawah ini dapat menghasilkan tampilan kayu dengan efek rustic. Jadi, bukan kayu-kayu warna coklat berkilau yang tampak baru seperti yang kita lihat di berbagai toko.

Tapi jangan salah lho ya. Justru saat ini, warna-warna tersebut sedang trend. Trend desain furniture 2020 tahun ini yang bisa kita lihat dari berbagai pamerannya seperti IFFINA menampilkan berbagai macam warna-warna lawas seperti patina hingga warna washed rustic. Jadi jika Anda seorang pengusaha pengrajin mebel yang biasanya fokus pada warna-warna coklat saja, mungkin warna-warna di bawah ini bisa diaplikasikan sekali-kali dalam model furniture yang anda gunakan.

5 Trik Kreatif Mengecat Kayu Dengan Hasil Sempurna

Untuk tampilan tekstur kayu seperti diatas, metode yang perlu Anda terapkan adalah yang paling sederhaha. Pertama, tentu saja siapkan kayu agar siap dicat. Lalu gunakan cat pigmen hitam untuk mengisi mata kayu atau bagian kayu yang retak.

Selanjutnya, aplikasikan shellac atau bahan finishing sejenis untuk memberikan perlindungan. Biarkan hingga kering, lalu diamplas (amplas nomor 180 atau 220). Aplikasikan 2-3 kali agar permukaannya halus.

Sama seperti cara di atas, aplikasikan dulu cat pigmen hitam pada bagian yang rekat dan di mata kayu. Selanjutnya, aplikasikan wood stain dengan warna sesuai keinginan Anda (bisa juga warna kayu emas seperti tampilan di atas).

Amplas setelah kering, lalu gunakan sealer. Pada tahap akhir, gunakan glaze untuk memberikan efek lawas yang cenderung kusam.

Untuk tampilan kayu seperti ini, buatlah dulu guratan-guratan pada kayu (kecuali sudah ada secara natural). Anda bisa menggunakan kawat dan alat sejenis. Setelah itu, amplas kayu agar lebih halus (amplas no 150-220), dan gunakan wood stain atau cat kayu coklat gelap.

Biarkan mengering, lalu amplas. Langkah terakhir, lapisi permukaan kayu dengan top coat dengan tingkat kilau rendah (matt atau death matt misalnya). Lakukan 2-3 kali.

Cara kreatif mengecat kayu dengan hasil akhir tampilan seperti di atas bisa Anda lakukan persis seperti metode sebelumnya. Hanya saja, jangan gunakan wood stain warna coklat gelap.

Gunakanlah warna putih. Buat tekstur pada permukaan kayu. Amplas. Gunakan cat warna hitam. Biarkan kering lalu amplas. Aplikasikan top coat 2-3 kali seperti di atas. Sedangkan bila digunakan cat warna putih, hasilnya seperti contoh dibawah ini:

Tips Aplikasi Cara Kreatif Mengecat Kayu

Dari berbagai metode di atas, Anda bisa mengembangkannya dengan memanfaatkan beragam pilihan warna. Anda juga bisa menggunakan lebih dari beberapa warna untuk tampilan yang lebih unik dan terlehit elegant.

Misalnya mengaplikasikan dulu warna abu-abu terutama di bagian alur serat kayu, baru setelahnya aplikasi warna lain seperti coklat. Hasil akhirnya tentu tak kalah unik dengan berbagai metode di atas. Baca juga informasi lainnya mengani Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda yang dapat anda terapkan dalam hasil akhir pengerjaan agar terlihat lebih sempurna.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Berikut 5 Trik Kreatif Mengecat Kayu, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *