Kelebihan dan Kekurangan Dempul Kayu Water Based

Dempul kayu water based

cekbahanbangunan.com – Seperti kita ketahui material bahan bangunan dempul kayu water based menawarkan berbagai macam keunggulan yang jauh lebih baik dibanding dempul kayu solvent based. Selain dari segi mampu menjauhkan Anda dari kerugian, jenis dempul kayu ini juga memiliki keunggulan yang tak kalah penting lain.

Dempul kayu merupakan salah satu jenis bahan yang digunakan untuk keperluan finishing kayu. Bahan ini memiliki manfaat sebagai lapisan dasar untuk membuat finishing lebih halus, rata, serta memiliki warna solid dan seragam. Di pasaran terdapat berbagai jenis dempul kayu. Salah satunya dempul kayu water based atau berpelarut air. Jenis ini sangat berbeda dengan solvent based yang memanfaatkan pelarut solvent seperti spiritus dan thinner.

Saat ini penggunaan dempul sudah menjadi hal yang wajib dalam menjaga ketahanan furnitur rumah. Khususnya pada bangunan yang sebagian besar menggunakan material kayu, hal ini penting  untuk dilakukan agar ketahanannya dapat berlangsung lama dihuni. Untuk bahannya sendiri produk ini terdapat 2 jenis bahan yakni dempul kayu water based dan solvent based. Karena mampu memberikan dampak yang baik dan lebih mudah di rapikan pada benda lain.

Sebelum mengenal jauh lebih tentang jenis dempul kayu yang ada dipasaran, berikut Admin paparkan definisinya. Jika meruju pada laman wikipedia kata dempul diartikan sebagai bahan yang digunakan untuk menutup celah lubang pada kayu maupun logam dengan menggunakan material cat air maupun kapur.

  • Dempul Kayu Water Based

Dempul water based merupakan jenis dempul yang menggunakan pelarut non organik berupa air.

  • Dempul Kayu Solvent Based

Dempul kayu solvent based atau oil based adalah dempul yang menggunakan bahan pelarut organik seperti pelarut-pelarut solvent thinner hingga terpentin.

Perbandingan Kualitas Dempul Kayu Water Based dan Solvent Based

Bila dibandingkan dengan dempul kayu berbasis minyak, kualitas dempul kayu water based memiliki beberapa keunggulan maupun kelemahan. Salah satu diantara keunggulannya adalah kelenturan atau fleksibilitas dempul water based yang jauh lebih baik dari dempul solvent based. Karena memanfaatkan pelarut air, dempul kayu ini mudah memuai. Ia akan ikut memanjang bersama kayu saat cuaca sedang panas dan kembali mengerut saat cuaca dingin. Hal demikian tidak akan terjadi pada dempul kayu berjenis solvent based yang memiliki fleksibilitas lebih rendah.

Selain itu, dari segi keamanannya untuk kesehatan dan lingkungan, dempul berpengencer air juga lebih unggul. Aplikasi bahan ini direkomendasikan terutama untuk produk yang dekat kontaknya dengan makanan, misalnya untuk aplikasi finishing meja maupun lemari kayu. Baca juga artikel terkait Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda.

Namun demikian, untuk ketahanan pada jamur, dempul solvent atau oil based jauh lebih baik. Dempul berbasis air –karena menggunakan pelarut air- justru bisa menarik pertumbuhan jamur. Hal ini sangat berbeda dengan dempul berbasis minyak yang justru dapat menghambat pertumbuhan jamur secara alami. Selain itu, untuk penggunaannya pada kayu olahan seperti particle board, dempul berpengencer air sama sekali tidak disarankan untuk digunakan. Sebab, pelarut airnya malah dapat merusak media tersebut.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Dempul Kayu Water Based, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *