Desain Atap Rumah Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Desain Atap Rumah Beserta Fungsi dan Kegunaannya

cekbahanbangunan.com – Desain atap akan menjadi inspirasi dalam membangun sebuah rumah impianmu. Atap – atap ini berdesain unik dan menarik dengan fungsinya masing – masing.

Desain atap rumah ini biasanya dilengkapi dengan beberapa kelengkapan materialnya dengan peran krusial dalam pembangunan rumah. Atap ini memiliki kegunaan sebagai perlindungan rumah dari matahari dan hujan. Inilah beberapa Desain Atap Rumah Beserta Fungsi dan Kegunaannya yang bisa dipilih.

Atap Rumah Reguler (Hip Roof)

Desain atap ini mempunyai desain yang paling umum dan sering dipakai oleh banyak orang. Atap regular ini mempunyai desain sederhana sehingga mudah untuk dibuat dan dibangun. Atap jenis ini menggabungkan keempat sisi dinding dari rumah dan memiliki bentuk segitiga. Dulunya, orang – orang memakai jerami yang sudah kering sebagai atap rumah tetapi saat ini sudah memakai genteng. Atap ini terlihat sederhana dengan bentuk segitiga dapat memproteksi dari hembusan angin kencang karena memiliki permukaan atap yang tak rata.

Atap Rumah Datar

Desain atap selanjutnya adalah atap rumah datar. Atap ini disukai oleh kamu yang memiliki rumah berdesain minimalis. Para penyuka desain minimalis cenderung tertarik dengan atap desain ini. Terlebih lagi, desain atap ini juga berbiaya minimalis. Atap rumah datar ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin membuat rumah dengan tampilan berbeda. Bahan yang digunakan tak terlalu banyak dan prosesnya juga cukup mudah sehingga akan menghemat waktumu. Di bagian sudut atap, permukaannya akan didesain miring untuk meminimalkan tergenangnya air hujan. Atap ini sangat sesuai bagi kamu yang memiliki rumah anti bocor.

Atap Rumah Hexagon

Atap rumah hexagon ini menjadi desain atap andalan lainnya. Atap ini dibuat untuk bangunan gazebo dan rumah hunian. Rumah ini dibentuk dengan enam segitiga yang saling terhubung satu sama lainnya. Desain atap ini juga mampu meningkatkan tampilan rumah dengan baik. Adanya sudut pertemuan runcing dan miring akan membantu rumah menghadang hembusang angin kencang. Atap ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di wilayah berangin kencang.

Atap Rumah Pelana

Jenis atap selanjutnya adalah atap rumah pelana. Atap ini amat populer di Indonesia karena mudah sekali dibangun. Desain atap pelana ini juga menjadi desain atap paling aman dibandingkan yang lain. Atap ini terbentuk dengan dua sisi miring dan salin bertemu sehingga mampu menghadang serangan suhu dan cuaca yang berubah – ubah. Kemiringan atap ini mampu mengatasi genangan air yang mengalir dengan baik.

Baca Juga : Yuk, Berkenalan dengan 7 Jenis Genteng Ini!

Atap Rumah Mansard

Atap mansard menjadi desain selanjutnya. Atap ini biasanya lebih sering digunakan di rumah – rumah Eropa ataupun mengadopsi gaya Eropa. Atap ini mampu menjaga kehangatan suhu ruangan di dalam rumah. Kemiringan rumah ini cukup drastis yang dibangun untuk mencegah terjadinya penumpukan salju diatas atap rumah. Desain atap ini terlihat royal, klasik, dan unik sehingga akan mengingatkanmu dengan bangunan ala kerajaan.

Atap Rumah Gambrel

Kamu juga bisa memilih jenis atap rumah gambrel. Atap rumah ini tersusun dari empat bidang miring dan satu ujung saling berhubungan. Atap ini hanya menutup rumah bagian atas tanpa menutup bagian depannya. Atap ini dipakai untuk bangunan di Universitas Harward. Atap ini akan memberikan ruangan ekstra sebagai penyimpanan.

Atap Rumah Dome

Desain atap selanjutnya adalah atap rumah dome. Atap ini dilengkapi dengan instalasi genteng kaca. Lekukan atapnya membuatnya tahan angin dan air hujan sehingga atap tetap kuat. Atap ini terlihat modern dan unik untuk diterapkan di rumah kamu.

Atap Rumah Skillion

Desain atap selanjutnya adalah atap rumah silikon. Ini bisa menjadi inspirasimu untuk mendesain atap rumah. Atap ini Cuma membutuhkan satu bidang atau sisi miring sebagai atap rumah. Lalu, kedua sisinya bersandar di dinding. Atap jenis ini biasanya diterapkan di daerah yang rawan salju dan hujan karena kemiringannya cukup signifikan untuk mengalirkan salju dan air.

Atap Rumah Lengkung

Desain atap terakhir adalah atap rumah lengkung. Ini sangat unik dan berbeda daripada desain atap lainnya. Atap ini didesain spesial bagi kamu yang memiliki selera tinggi atau suka dengan estetika. Atap ini juga memiliki berbagai fungsi bagi rumah sehingga kamu lebih nyaman di dalam rumah.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan Yuk, Berkenalan dengan 7 Jenis Genteng Ini! semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *