Desain Rumah Jepang Kuno

Desain Rumah Jepang Kuno
Desain Rumah Jepang Kuno
39 Desain rumah jepang kuno DESAIN RUMAH MINIMALIS 2023

Pengenalan

Rumah Jepang kuno memiliki ciri khas yang sangat kental dengan budaya Jepang. Desain rumah Jepang kuno memiliki keterikatan yang kuat dengan alam dan filosofi Shinto, yang mendasari kepercayaan orang Jepang pada keberadaan roh di segala hal. Desain rumah Jepang kuno juga sangat memperhatikan fungsi dan estetika, serta penggunaan material yang tepat untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan.

Kelebihan

  1. Desain rumah Jepang kuno sangat terintegrasi dengan alam dan lingkungan sekitar. Hal ini terlihat dari penggunaan tatami sebagai lantai yang membuat orang dapat merasakan langsung sensasi alam di bawah kaki mereka. Selain itu, penggunaan shoji sebagai dinding yang terbuat dari kertas Jepang juga memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah dengan leluasa.

  2. Desain rumah Jepang kuno memperhatikan aspek fungsi dan estetika dengan sangat baik. Setiap ruang dan elemen di dalam rumah dipikirkan dengan matang untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan. Misalnya, penggunaan engawa sebagai ruang teras yang dapat digunakan untuk bersantai, atau tsuboniwa sebagai kebun kecil yang memperindah rumah.

  3. Desain rumah Jepang kuno juga memperhatikan penggunaan material yang tepat. Kayu adalah material utama yang digunakan dalam pembuatan rumah, karena kayu dianggap sebagai material yang hidup dan memiliki roh. Selain itu, penggunaan shoji dan kertas Jepang sebagai dinding memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik di dalam rumah.

Kekurangan

  1. Desain rumah Jepang kuno kurang cocok untuk wilayah yang memiliki cuaca ekstrem seperti angin kencang atau hujan lebat. Hal ini karena rumah Jepang kuno biasanya memiliki atap yang datar dan tidak tahan terhadap tekanan angin atau beban salju yang berat.

  2. Desain rumah Jepang kuno juga kurang cocok untuk keluarga yang memiliki anak kecil atau orang yang membutuhkan aksesibilitas yang lebih baik. Hal ini karena rumah Jepang kuno biasanya memiliki tangga yang curam dan sempit, serta pintu yang rendah dan sempit.

  3. Desain rumah Jepang kuno juga bisa menjadi kurang efisien dalam penggunaan ruang jika tidak dipikirkan dengan matang. Hal ini karena rumah Jepang kuno cenderung memiliki banyak partisi dan ruangan kecil yang membatasi sirkulasi udara dan cahaya alami.

Rencana Anggaran Belanja

Berikut adalah estimasi anggaran belanja untuk membangun rumah Jepang kuno:

Material Harga
Kayu Rp 100.000.000
Kertas Jepang Rp 10.000.000
Tatami Rp 20.000.000
Shoji Rp 5.000.000
Total Rp 135.000.000

Estimasi Lama Pengerjaan dan Kebutuhan Pekerja

Berikut adalah estimasi lama pengerjaan dan kebutuhan pekerja yang diperlukan untuk membangun rumah Jepang kuno:

Pekerjaan Lama Pengerjaan Kebutuhan Pekerja
Persiapan Tanah 1 bulan 5 orang
Pembangunan Struktur Kayu 6 bulan 10 orang
Pemasangan Tatami dan Shoji 1 bulan 3 orang
Pengecatan dan Penyelesaian 2 bulan 5 orang
Total 10 bulan 23 orang

Kesimpulan

Desain rumah Jepang kuno memiliki banyak kelebihan dalam hal integrasi dengan alam, fungsi dan estetika, serta penggunaan material yang tepat. Namun, desain rumah Jepang kuno juga memiliki kekurangan dalam hal ketahanan terhadap cuaca ekstrem, aksesibilitas yang kurang baik, dan efisiensi penggunaan ruang. Jika Anda berencana untuk membangun rumah Jepang kuno, pastikan untuk memperhitungkan anggaran belanja dan kebutuhan pekerja yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *