Fungsi Dempul Kayu Yang Wajib Diketahui

Fungsi Dempul kayu

cekbahanbangunan.com – Pada saat Anda hendak melakukan finishing material kayu atau juga rotan Anda akan mendengar istilah dempul kayu atau wood filler. Ada yang mendefinisikan bahwa dempul kayu adalah wood filler dan ada pula yang tidak setuju. Lalu apakah sebenarnya pengertian dan fungsi dempul kayu? Apakah sama atau tidak dan juga bagaimana dengan cara aplikasi keduanya? Nah ini yang perlu Anda pahami sebelum Anda melakukan finishing agar tidak salah produk untuk hasil yang diinginkan.

Dalam istilah pertukangan dikenal dempul kayu dan juga wood filler. Dilihat dari fungsi keduanya sebenarnya tidak terlalu berbeda yaitu fungsi vitalnya adalah untuk menutup cacat teksur pada objek finishing baik itu kayu, rotan, bambu dan juga berbagai macam jenis material serat alam lainnya. Jenis cacat yang biasanya didapati pada material kayu adalah lubang kayu yang diakibatkan pengikisan pohon yang terjadi karena serangga atau perubahan cuaca, kayu yang pecah apda saat penebangan atau pada saat pengolahan menjadi furntiur dan juga pori-pori kayu yang terlalu besar. Pori pada kayu ini wajib ditutup apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing close pore.

Dempul kayu menjadi salah satu komponen vital dalam finishing warna solid, kegunaan atau fungsi dempul kayu harus diperhatikan betul. Tanpa bahan ini, jangan harap jenis finishing solid color bisa dihasilkan dengan baik.

Ada berbagai macam jenis finishing yang bisa diterapkan pada kayu. Di antara yang sering kita lihat adalah finishing atau pengecatan yang menampilkan warna-warna pastel seperti merah, ungu, hijau, dan kuning. Pada tipe tersebut, “karakteristik” kayu seperti pola seratnya benar-benar tidak nampak dan memang sengaja tidak dinampakkan. Salah satu bahan yang penggunaannya sangat krusial pada jenis finishing ini adalah dempul atau wood putty. Baca juga pembahasan terkait

Fungsi Dempul Sembunyikan Warna, Lubang, dan Pola Serat Kayu

Dempul kayu pada dasarnya merupakan lapisan dasar yang berfungsi meratakan permukaan kayu, menyembunyikan warna natural kayu, serta menutup pola seratnya. Fungsinya untuk meratakan permukaan kayu tergolong krusial karena kayu adalah material organik yang penuh pori dan lubang. Sedangkan pada kayu olahan seperti mdf dan particle board, dempul berperan agar bahan finishing selanjutnya bisa diaplikasikan dengan lebih baik dan tidak terserap ke dalam substrat media tersebut.

Proses pemerataan sendiri awalnya telah dilakukan dengan cara pengamplasan. Tapi metode ini tidak akan mampu membuat kayu yang berpori (apalagi berlubang) benar-benar rata. Sehingga diperlukan bahan khusus untuk menutup celah pori tersebut sehingga kayu lebih rata dan hasil finishingnya akan jauh lebih bagus.

Sedangkan fungsinya untuk menutup warna asli serta pola serat kayu menjadi penting bila Anda menginginkan tipe finishing warna pastel yang benar-benar solid. Sebagai penyembunyi warna asli kayu, dempul juga sering dimanfaatkan pada kayu olahan seperti MDF. Hdf, dst. Sebaliknya, pada kayu-kayu dengan pola serat indah seperti jati, penggunaan putty tergolong sangat jarang aplikasinya, bahkan dianggap menyia-nyiakan salah satu kelebihan utama jati –yakni keindahan pola alaminya-

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Fungsi Dempul Kayu Yang Wajib Diketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *