Jenis Batu Bata Batako Kelebihan dan Kekurangan

cekbahanbangunan.com – Batu bata batako merupakan salah satu alternatif material bahan bangunan selain batu bata merah untuk penyusun suatu dinding tembok bangunan. Pada biasanya batubata jenis ini terbuat dari campuran semen serta pasir kasar yang lalu dibentuk persegi panjang dengan cara dicetak padat atau bisa juga dengan cara dipress.

Namun ada juga jenis batu bata batako yang terbuat dari campuran batu tras, dan kapur serta air. Selain itu juga ada komposisinya yang terbuat dari campuran semen, juga pasir serta dengan batubara.

Di pasaran pada umumnya batu bata batako ini dijual dalam ukuran dengan tebal 8 cm hingga 10 cm, dan dengan panjang 36 cm hingga 40 cm, serta dengan ketinggian sekitar 18 cm hingga 20 cm. Berdasarkan pada bahan bakunya, maka pada umumnya berdasarkan jenisnya itu bisa dibedakan menjadi sebagai berikut.

1. Batako Trass atau Putih

Batako Trass atau PutihBatu bata batako trass atau putih itu dibuat dengan bahan-bahan yang terbuat dari campuran trass, dengan batu kapur, serta air, makanya sering juga disebut dan populer dengan nama batu bata cetak kapur trass.

Bahan baku material utama batu bata batako putih yang berupa material trass itu adalah sejenis tanah yang berasal dari lapukan bebatuan dari suatu gunung yang berapi, yang memiliki warna alami yang khas, yakni putih ataupun putih agak kecoklatan.

Pada umumnya batu bata jenis trass atau putih ini dijual di pasaran dalam ukuran panjang 20 cm hingga 30 cm, dan dengan ketebalan sekitar 8 cm hingga 10 cm serta dengan ketinggian antara 14 cm hingga 18 cm.

2. Batako Semen

Batako semenBerikutnya ada alternatif material untuk pembuatan dinding bangunan berupa batu bata batako semen. Jenis semen ini sesuai namanya adalah terbuat dari campuran antara semen dan juga pasir. Sedangkan ukuran dari jenis semen ini lebih beragam jika dibanding dengan ukuran batu bata batako putih trass.

Jenis batubata batako semen itu pada umumnya dibuat dengan terdapat sekitar dua hingga tiga buah lubang pada bagian sisinya guna sebagai tempat mengikat isian dari adukan adonan pengikatnya. Jenis semen ini juga sering disebut sebagai batako press.

Jenis semen ini bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yakni batu batako semen press mesin dan batu bata batako semen press tangan yang dibuat secara manual. Di pasaran pada umumnya jenis semen itu dijual dengan ukuran panjang 36 cm hingga 40 cm, dan dengan ketinggian sekitar 18 cm hingga 20 cm dan dengan ketebalan sekitar 8 cm hingga 10 cm.

Jika dibandingkan dengan batu bata merah, maka batu bata batako pada umumnya mempunyai kelemahan berupa kekuatannya yang lebih rendah, sehingga bisa lebih mudah retak, terutama apabila dalam proses pemasangannya pada bagian kosongnya tidak diisi secara baik dengan adukan spesinya.

Sifat material batubata juga menyerap panas sehingga akan membuat kondisi di dalam bangunannya menjadi kurang nyaman karena panas dan pengap, namun ukurannya yang relatif lebih besar dan lebih ringan. Komposisi campuran yang terbaik ialah pasir sekitar 75%, dan semen sekitar 20%, serta air sekitar 5.

Itulah standar baku yang ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum di tahun 1986. Kualitas tingkat kepadatan serta komposisi adonannya akan bisa dilihat pada tampilan dari pori-porinya yang lebih padat, serta tertutup rapat, dan juga tidak ada rongga-rongga pada permukaan serta lapisan luarnya, dengan kondisi permukaan yang terlihat rata juta halus. Sudut batako juga harus presisi dan terasa tajam ketika dipegang, dengan pinggiran yang lancip.

Kelebihan batubata batako:

  • Sizenya yang lebih besar daripada bata merah sehingga membutuhkan lebih sedikit dan material perekat saat pembangunan
  • Sizenya  cenderung sama dan cetakannya lebih rapi dibandingkan bata merah
  • Sizenyayang lebih besar dapat menghemat waktu dan tenaga saat pembangunan
  • Lebih mudah dipotong dengan rapi
  • Kedap air sehingga meminimalisir perembesan air hujan
  • Lebih ringan dibandingan bata merah (karena ada rongga di bagian tengahnya)

Kekurangan batubata batako:

  • Mudah retak
  • Mudah dilubangi dan pecah karena terdapat rongga di bagian tengahnya
  • Menyerap panas sehingga membuat ruangan lebih panas

Itulah berbagai jenis material yang dapat Admin Cek Bahan Bangunan sampaikan terkait Jenis batu bata batako dalam menunjang kontruksi sebuah bangunan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis batuan dalam sebuah kontruksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *