Jenis Cat Tembok Berdasarkan Lapisan

cekbahanbangunan.comCat tembok menjadi salah satu bentuk finishing dinding yang masih digunakan hingga saat ini. Bukan karena berbagai pilihan warna saja, pengaplikasian cat tembok juga bisa dibilang cukup praktis.

Walaupun praktis, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengaplikasian cat tembok lebih sempurna dan tahan lama. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kategori cat berdasarkan lapisannya. Apa saja itu? Berikut perbandingkannya

Jenis Cat Tembok Berdasarkan Lapisan

Cat tembok

Cat Primer

Seperti namanya, kategori cat yang satu ini digunakan pada awal sebelum proses pengecatan dilakukan. Cat yang satu ini memiliki bahan dasar minyak atau air. Kebanyakan cat primer digunakan sebagai perekat antara bahan bangunan atau tembok dengan cat setelahnya yang akan digunakan.

Tidak hanya untuk tembok saja, cat primer juga banyak digunakan untuk besi, kayu atau plester. Hal ini disebabkan karena cat primer akan menutupi serta meratakan pori-pori pada dinding baru Anda. Cat primer juga berfungsi untuk merekatkan cat tembok dengan permukaan dinding lebih kuat.

Cat Undercoat

Cat undercoat atau cat dasar merupakan jenis cat yang berbahan dasar minyak kebanyakan. Namun lebih banyak tersusun dari bahan emulsi acrylic sehingga memiliki sifat khusus, yakni tahan akan alkali yang tinggi. Cat yang satu ini digunakan setelah cat primer. Penggunaan kategori cat ini untuk menjaga ketahanan warna cat menjadi lebih elegan untuk nantinya. Banyak yang mengira cat dasar sebagai plamir, padahal keduanya sangat berbeda.

Cat dasar sendiri berguna untuk menutup permukaan tembok atau pori – pori tidak merata. Selain itu, penggunaan cat yang satu ini bisa lebih menghemat cat akhir. Pasalnya, daya rekat dan daya pengikis yang diberikan juga sangat baik. Selain itu, penggunaan cat dasar juga bisa membuat kualitas pengecatan lebih meningkat. Dengan begitu, bisa memberikan hasil yang lebih halus dan warna yang sempurna.

Untuk penggunaan yang lebih baik, dianjurkan untuk mengaplikasikan di permukaan tembok yang masih baru dengan plesteran beton atau semen yang mengering dengan sempurna. Cara pengaplikasiannya tanpa mengecerkan dengan air juga bisa dilakukan.

Cat Akhir

Cat akhir atau lebih dikenal dengan cat finishing merupakan kategori cat yang paling terakhir diaplikasikan pada tembok atau bahan bangunan. Cat yang satu ini digunakan untuk membuat warna lebih muncul dan menarik. Dengan begitu, konsep sebuah ruangan akan lebih terlihat. Tidak hanya untuk dinding ruangan saja, cat finishing juga banyak digunakan untuk langit – langit.

Cat bagian akhir ini memiliki beberapa jenis. Salah satunya dengan emulsi berbahan dasar air. Biasanya memiliki campuran akrilik resin dan vinil. Dengan begitu, cat akan lebih awet dibandingkan dengan cat konvensional lainnya.

Ada tiga jenis cat emulsi sendiri dengan efek yang berbeda setelah diaplikasikan, yakni emulsi vinyl matt, vinyl satin dan vinyl silk. Untuk vinyl matt memberikan efek yang tidak mengkilap atau doff. Kemudian vinyl satin, lebih mengkilap dan lembut. Sedangkan vinyl silk akan memberikan efek kilap yang tinggi.

Tidak hanya itu saja, cat finishing juga bisa digunakan untuk eksterior bangunan. Namun biasanya, cat untuk eksterior bangunan akan ditambahkan beberapa kandungan sehingga lebih tahan cuaca. Ada juga cat glossy yang menjadi pilihan cat finishing. Cat ini memiliki bagan minyak dan lebih banyak digunakan untuk bahan kayu atau besi.

Namun ada juga yang menggunakan untuk tembok dan memberikan efek mengkilap yang mewah. Ada beberapa jenis cat glossy yang memberikan efek yang berbeda, yakni liquid glossy, eggshell dan silthane.

Cat Top Coat

Cat top coat atau biasa disebut clear coat menjadi cat paling terakhir diaplikasikan pada sistem pengecatan metalik. Sama seperti namanya, kategori cat ini digunakan untuk memberikan daya gloss atau kilap pada bahan metalik.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar  Jenis Cat Tembok Berdasarkan Lapisan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis cat yang dalam kontruksi bahan bangunan ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *