Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya

Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya

cekbahanbangunan.com – Dempul merupakan salah satu jenis material yang digunakan dalam semua jenis finishing baik itu mebel, konstruksi bangunan seperti dinding, langit-langit, dan juga bahan logam. Fungsi dari dempul yang paling utama adalah untuk meratakan permukaan media atau material agar tampak halus dan rata serta mempermudah proses finishing. Dalam penggolongannya dempul untuk dinding umumnya disebut dengan plamir, dempul untuk kayu disebut dengan dempul kayu, dempul untuk besi atau logam disebut dengan dempul logam.

Dalam pembahasan kali Admin mencoba mengupas lebih dalam jenis dempul kayu, dan jenis dempul lainnya akan dijabarkan pada ulasan yang berbeda. Meskipun fungsinya hampir sama, bukan berarti tak ada jenis dempul yang tak sama. Beragam jenis dempul bisa dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatnya. Dari perbedaan bahan dasar ini, selanjutnya fungsi tiap dempul menjadi lebih spesifik. Jadi saat Anda mencari produk ini, jangan asal melakukan pembelian. Pilihlah yang menurut Anda sesuai dengan karakter yang ditawarkan masing-masing produk tersebut.

Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya Dapat Dibedakan Menjadi:

  • Dempul Berbasis Selulosa

Dempul berbasis selulosa terbuat dari kombinasi serat kayu juga binder. Umumnya, produk seperti ini tersedia dalam bentuk padatan di mana aplikasinya harus dicampur dulu dengan pengencer. Ada dampak positif maupun negative dari karakter tersebut. Dempul yang hadir dalam bentuk padat seperti ini menjadi lebih tahan lama dan demikian juga menjadi lebih murah. Akan tetapi, dalam aplikasinya, jenis dempul ini bisa mengering dengan cepat sehingga aplikasinya harus hati-hati. Rekomendasi penggunaan dempul berbasis cellulose sendiri adalah untuk keperluan outdoor.

  • Dempul Gypsum

Dempul berbais gypsum adalah salah satu tipe dempul yang banyak direkomendasikan untuk finishing kayu olahan seperti particle board. Jenis dempul ini tidak mudah tenggelam dalam pori kayu sehingga cocok untuk karakter substrat seperti particle board. Selain itu, dempul gypsum juga hanya direkomendasikan untuk indoor karena sifatnya yang tak tahan air.

  • Dempul Berbasis Vynil

Dempul berbasis vinyl adalah dempul yang terbuat dari kandungan kalsium karbonat dengan polyvinyl acetate (dispersi atau emulsi) sebagai bindernya. Karakter dempul ini ringan, mudah digunakan, pengenceran dengan air, cepat kering, dan dapat diaplikasikan pada banyak coating.

  • Dempul Berbasis Epoksi

Dempul berbasis epoxy terdiri dari dua komponen dan disarankan digunakan untuk keperluan outdoor maupun memperbaiki kerusakan lubang. Produk ini merupakan dempul yang mampu membentuk ikatan kuat dengan substrat kayu di dalam pori meski penggunaannya harus hati-hati karena seringkali tidak cocok dengan wood stain. Disarankan sebelum bahan ini kering, pekerja mengamplasnya terlebih dahulu.

Di atas hanya sedikit dari beragam jenis dempul berdasarkan bahan dasar pembuatnya yang beredar di pasaran. Kami sangat mengapresiasi apabila Anda mau berbagi lebih banyak macam dempul yang Anda ketahui. Silahkan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar ya!

Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Warna

Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya

Berdasarkan warnanya, dempul juga terdiri dari beragam varian. Terdapat dempul dengan warna natural hingga warna non natural seperti putih dan abu-abu. Satu tips penting yang ingin kami bagikan bagi Anda yang ingin mendempul adalah memastikan bahwa produk tersebut sudah benar-benar mengisi lubang yang seharusnya diisinya. Misal, pada material kayu, pastikan dempul itu sudah dengan baik mengisi pori substrat tersebut. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan melakukan pengamplasan yang baik.

Untuk informasi terkait Jenis dan Fungsi Amplas Berdasarkan Nomornya wajib anda baca setelah melakukan dempul pada objeknya. Pengamplasan bukan hanya akan merapikan pekerjaan pasca pendempulan, tetapi juga akan menekan dempul lebih masuk ke dalam lubang kayu.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Jenis Dempul Kayu Berdasarkan Bahan Dasar Pembuatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *