Jenis Kaca Untuk Bangunan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Dan Kekurangan Kaca Untuk Bahan Bangunancekbahanbangunan.comKaca adalah zat tembus cahaya dan jernih yang terjadi jika tanah kersik dalam bentuk pasir kwarsa dan batu api yang ditumbuk atau batu pasir yang dilebur bersama dengan zat-zat kimia. Kaca mengandung silika (pasir), potasium, kapur, dan beberapa bagian bahan kimia yang lain.

Kaca merupakan jenis material bahan bangunan yang banyak dibutuhkan manusia dalam memperindah interior rumah atau struktur sebuah bangunan, karena sifatnya yang tembus pandang dan bisa juga memantulkan pandangan sebuah benda atau seorang sehingga kaca ini sangat bermanfaat bagi orang banyak terutama untuk menghias rumah, gedung, perkantoran, perabotan rumah tangga, meja, almari, dan sebagainya.

Ada banyak Jenis Kaca yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan, jenis dari kaca ini antara lain adalah :

Tipe Kaca Bening

Kaca beningJenis Kaca ini merupakan tipe Kaca yang polos tanpa tambahan, baik itu tambahan warna maupun tambahan filter. Tipe Kaca ini banyak disebut dengan float glass. Tipe Kaca ini merupakan tipe Kaca yang akan meneruskan hampir seluruh cahaya yang diterimanya dan akan menghasilkan bayangan sempurna.

Penggunaan tipe Kaca ini paling banyak untuk interior. Jenis Kaca ini tidak banyak digunakan untuk keperluan luar ruangan karena sifatnya yang  meneruskan cahaya hampir 100% ini. Karena kemampuan ini maka tipe Kaca ini memiliki daya tahan yang buruk terhadap panas dan mungkin bisa pecah jika terlalu lama terpapar sinar matahari langsung.

Tipe Kaca Warna

Kaca WarnaJika anda ingin  menggunakan kaca yang tidak memiliki motif tapi memiliki warna maka tipe kaca warna akan sangat cocok untuk anda. Tipe Kaca ini disebut dengan dengan nama tinted glass. Jenis warna yang bisa ditemukan sangat banyak. Hal ini membuat anda bisa menggunakan tinted glass ini sesuai dengan kebutuhan anda.

Lalu bagaimana dengan hubungannya dengan sinar matahari. Berbeda dengan float glass, tipe Kaca warna ini memiliki filter yang cukup baik terhadap cahaya matahari. Dari 100% cahaya yang diterima oleh kaca ini sekitar 55% cahaya akan diteruskan ke bagian dalam  kaca. Tipe Kaca ini bisa ditemukan dengan banyak jenis ketebalan. Makin tebal kaca maka makin tinted warna yang dimilikinya.

Tipe Kaca Es

Kaca EsSelanjutnya adalah Jenis Kaca es. Kaca es ini adalah kaca yang memiliki tampilan yang blur seperti ada es di bagian dalamnya. Nama lain yang kaca ini adalah Indofigur. Tampilan blur yang dimiliki oleh kaca es ini merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya. Dengan tampilan tersebut, tipe Kaca ini bisa digunakan untuk memberikan kesan dekoratif pada interior rumah anda.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh kaca ini juga bisa dilihat dari kemampuannya dalam meneruskan cahaya. Kaca es ini memiliki kemampuan untuk mereduksi cahaya dengan sangat baik. Hal ini membuat tipe Kaca ini tidak hanya cocok digunakan untuk hiasan dalam rumah tapi juga untuk hiasan di luar rumah.

Tipe Kaca Reflektif

Kaca ReflektifSesuai namanya, tipe Kaca ini adalah kaca yang bisa digunakan untuk memantulkan cahaya. Akan tetapi Jenis Kaca ini tidak seperti kaca yang untuk bercermin. Dari satu sisi anda bisa melihat eksisi lain dari kaca reflektif ini akan tetapi dari sisi sebaliknya pandangan akan terhalangi. Hal ini menyebabkan tipe Kaca ini sangat cocok digunakan untuk kaca jendela rumah anda.

Mengapa kaca ini bisa memiliki fungsi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya? Hal disebabkan karena dalam pembuatannya, kaca ini diberikan pelapisan oksida logam sehingga dapat menyebabkan pantulan cahaya. Pantulan cahaya inilah yang menyebabkan salah satu sisi dari kaca tidak bisa digunakan untuk melihat sisi yang lainnya.

Tipe Kaca Tempered

Kaca tempered adalah material yang cukup banyak digunakan terutama pada rumah minimalis modern karena memiliki banyak kelebihan. Jenis kaca pengaman yang diproses dengan perlakuan termal atau kimia untuk meningkatkan kekuatannya dibandingkan dengan kaca normal.

Kaca ini adalah kaca yang memiliki kekuatan yang tinggi. Kaca ini dibuat dengan memanaskan float glass hingga mencapai suhu 7000 C. Karena pemanasan yang dilakukan, kaca ini bisa mendapatkan kekuatan hingga 3 sampai 5 kali lipat kaca pada umumnya.

Kaca Tempered Glass ini memiliki kekuatan lebih kuat 4-5 kali lipat dari kaca biasa. Kaca tempered dapat dipakai untuk anak tangga maupun dinding bangunan.

Tipe Kaca Laminated

Kaca LaminatedKaca laminated merupakan kaca dengan tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi terhadap penghuninya. Jika terjadi sesuatu yang menyebabkan pecahanya kaca, maka kaca laminated tidak akan berhamburan, tapi hanya retak  karena apabila satu dari sisi kaca pecah maka pecahanya tetap lengket pada lapisan PVB/filmnya. Kaca laminated yang sudah pecah sekalipun akan tetap sulit sekali ditembus oleh manusia.

Sesuai dengan namanya, tipe Kaca ini merupakan tipe Kaca yang dilapisi. Pelapisan yang dilakukan digunakan untuk mencegah hamburan kaca jika kaca pecah. Keberadaan pelapisan ini menyebabkan Jenis Kaca menjadi sulit untuk ditembus.

Demikian ulasan songkat terkait material bahan bangunan Jenis Kaca Untuk Bangunan Serta Kelebihan dan Kekurangannya yang dapat anda terapkan untuk interior dan eksterior desain rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *