Jenis Kayu Terbaik Untuk Bangunan dan Furnitur

cekbahanbangunan.com – Kayu adalah salah satu jenis material bangunan yang sangat penting di Indonesia. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat bangunan juga sangat bermacam-macam. Apa saja macam kayu ini? Berikut ini adalah ulasan Jenis Kayu Terbaik Untuk Bangunan dan Furnitur.

Kayu Jati

1. Kayu JatiKayu jati adalah macam kayu yang termasuk sebagai kayu keras. Kayu ini memang memiliki kelebihan berupa teksturnya yang keras sehingga lebih awet digunakan. Karena kekuatan yang dimilikinya, tipe kayu ini menjadi sangat tahan terhadap rayap bahkan terhadap air.

Karena kelebihannya ini, tipe kayu ini menjadi salah satu tipe kayu yang mahal. Makin tua kayu ini maka makin mahal harganya.

Kayu Meranti atau kayu Kalimantan

2. Kayu Meranti atau kayu Kalimantan

Kayu keras lainnya yang bisa anda temukan dan gunakan dalam bangunan anda adalah kayu meranti. Kayu ini juga banyak disebut dengan kayu Kalimantan. Hal ini disebabkan karena kayu ini akan bertumbuh dengan sangat baik di Kalimantan. Penggunaan kayu ini adalah untuk membuat furnitur, kusen dan juga panel.

Kayu Merbau

3. Kayu Merbau

Selanjutnya adalah tipe kayu merbau. Kayu ini merupakan kayu yang asalnya dari daerah timur Indonesia yaitu dari Papua dan dai Maluku. Kayu ini juga tergolong sebagai kayu keras dan sangat banyak diminati dalam dunia bangunan. Selai digunakan di dalam negeri, tipe kayu ini juga banyak di kirim ke luar negeri karena kualitasnya yang sangat unggul.

Kayu Albasia

4. Kayu Albasia

Jika anda ingin menggunakan kayu untuk keperluan yang tidak begitu penting maka jenis kayu albasia merupakan pilihan kayu yang tepat. Kayu ini merupakan kayu yang memiliki tekstur lunak, ia memiliki pori dan juga memiliki sifat berbulu. Karena sifat dari kayu ini yang lunak maka kayu ini tidak banyak digunakan untuk luar ruangan. Biasanya tipe kayu ini akan digunakan untuk membuat tripleks

Kayu Cendana

5. Kayu Cendana

Kayu selanjutnya adalah kayu cendana. Kayu ini merupakan tipe kayu yang banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur. Tipe kayu ini memiliki karakter wangi. Kelebihannya adalah digunakan untuk membuat furnitur dan juga bahan kerajinan.

Kayu Ulin

6. Kayu Ulin

Kayu Indonesia yang tidak salah terkenal adalah kayu ulin. Kayu ini juga termasuk dalam tipe kayu keras. Penggunaan dari kayu ini banyak dilakukan dalam konstruksi kapal. Untuk mendapatkan kayu ulin dengan kualitas terbaik maka ada bisa mencari kayu ini di daerah Sumatera dan juga Kalimantan.

Selain keras, kayu ini juga sangat populer dengan kemampuannya bertahan di suhu yang ekstrem, mengatasi kelembaban dan aman dari ancaman rayap.

Kayu Eboni

7. Kayu Eboni

Kayu eboni adalah salah satu jenis kayu yang sangat indah. Ia memiliki paduan warna hitam dan juga cokelat. Tipe kayu ini sangat populer digunakan dalam pembuatan furnitur Jepang, Eropa dan juga Amerika. Sayangnya tipe kayu ini sudah sangat langka saat ini.

Kayu Trembesi

8. Kayu Trembesi

Selain kayu eboni, kayu trembesi juga merupakan kayu yang sangat diburu untuk membuat furnitur. Hal ini disebabkan karena tekstur kayu yang sangat indah. Kelebihan lain dari kayu ini adalah pada saat hidup ia memiliki kemampuan untuk menerap CO2 sebanyak 28.5 ton. Hal linilah yang menyebabkan tanaman ini kembali dibudidayakan.

Kayu Bangkirai

9. Kayu Bangkirai

Memiliki nama lain kayu yellow Balau.  Tipe kayu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia dan juga di Filipina. Untuk penggunaannya, tipe kayu ini banyak digunakan untuk decking atau furnitur luar ruangan.

Kayu Kamper

10. Kayu Kamper

Merupakan kayu yang getahnya digunakan untuk membuat kapur barus. Tipe kayu ini bisa ditemukan di mana saja tapi yang terbaik bisa ditemukan dari Samarinda.

Kayu Sonokeling

11. Kayu Sonokeling

Merupakan rosewood Indonesia, tipe kayu ini memiliki warna cokelat tua dengan alur hitam sebagai hiasan. Agak mirip dengan eboni tapi memiliki alur-alur yang lebih samar.

Kayu Sungkai

12. Kayu Sungkai

Merupakan jenis kayu yang populer di kalangan pengrajin untuk membuat furnitur dalam ruangan.

Kayu Pinus/cemara

13. Kayu Pinus cemara

Memiliki kelebihan berupa warna yang menarik, sayangnya ia tidak kuat di bawah cahaya matahari dan tidak begitu awet untuk furnitur luar ruangan.

Kayu Kelapa

14. Kayu Kelapa

Merupakan kayu paling umum digunakan untuk pembangunan. Pasalnya tipe kayu ini bisa ditemukan di manapun.

Kayu Mahoni

15. Kayu Mahoni

Merupakan tipe kayu yang  memiliki fleksibilitas yang tinggi. Ia mudah dibengkokkan sehingga sangat mudah dibentuk menjadi bentuk-bentuk tertentu.

Kayu Aren

16. Kayu Aren

Merupakan salah satu jenis kayu yang sangat keras. Kayu ini memiliki warna gelap dan saking kerasnya bisa merusak mesin pengolah kayu lebih cepat.

Selain informasi terkait beragam jenis kayu yang telah diuraikan tadi, Indonesia masih banyak memiliki beragam jenis kayu endemik dan kayu-kayu yang berkualitas tinggi lainnya yang patut kita jaga kelestarian dan keberlangsungan supplynya serta dapat kita manfaatkan untuk berkarya.

Demikian infromasi yang dapat Admin Cek Bahan Bangunan uraikan terkait Jenis Kayu Terbaik Untuk Bangunan dan Furnitur. Untuk itu mari kita tingkatkan pengetahuan dan skill kita dalam memahami material ini agar kita dapat menghasilkan nilai tambah dari berbagai material mentah yang disediakan oleh alam seperti kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *