Jenis Lantai Berdasarkan Bahannya 

Jenis Lantai Berdasarkan Bahannya 

cekbahanbangunan.com – Untuk membuat lantai ada banyak bahan yang bisa digunakan. Ada yang murah dan juga ada yang mahal. Bagi anda yang sedang merencanakan pembangunan rumah, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang telah admin Cek Bahan Bangunnan rangkum jenis lantai berdasarkan bahannya yang bisa anda pasang untuk kenyamanan dan keindahan rumah anda.

Jenis lantai yang dijelaskan dikelompokkan berdasarkan bahan material yang digunakan, dalam pengimplentasiannya bisa anda terapkan sesuai dengan keinginan dan alokasi dana yang anda gunakan.

Lantai dari bahan Keramik

Lantai dari bahan KeramikLantai keramik adalah jenis material lantai yang paling banyak digunakan. Jenis bahan ini banyak digunakan untuk pembangunan rumah karena sifat yang dimilikinya.

Lantai dari bahan keramik memiliki sifat yang kuat dan juga tahan lama. Selain itu perawatan yang diperlukan untuk lantai  dengan bahan ini juga tidak sulit.

Hanya perlu dibersihkan dengan menggunakan air maka lantai keramik anda sudah bersih. Selanjutnya, kelebihan lain yang dimiliki oleh tipe lantai dengan bahan keramik ini adalah mengenai variasinya. Ketika ingin menggunakan lantai dari bahan keramik anda bisa memilih berbagai warna dan juga motif dari lantai keramik yang ada di pasaran.

Tipe lantai Batu Alam Granit dan Marmer

Tipe lantai Batu Alam Granit dan Marmer

Jenis lantai lain yang bisa anda gunakan untuk flooring lantai  di rumah anda adalah bahan batuan alam. Bahan batuan memiliki kelebihan dari daya bahan yang dimilikinya  karena ia memang sangat kuat.

Selain itu, corak dan juga warna yang dimilikinya dibentuk oleh alam sehingga sangat alami dan cocok digunakan untuk memberikan kesan alam di rumah anda.

Tipe lantai ini sangat cocok digunakan untuk menghiasi lantai dari rumah yang mewah atau rumah yang memiliki desain minimalis. Kekurangannya, jika dibandingkan dengan lantai keramik, tipe lantai ini memiliki harga yang cukup mahal.

Tipe lantai Parket

Tipe lantai ParketJenis lainnya yang juga berasal dari alam adalah lantai parket. Lantai jenis ini merupakan lantai yang dibuat dari bahan kayu atau bahan serbuk kayu.

Kelebihan yang dimiliki oleh tipe lantai ini adalah  karena motif kayu yang dihasilkannya dapat membuat penampilan sebuah ruangan menjadi lebih hangat dan nyaman.

Akan tetapi dengan perkembangan zaman, tipe lantai parket ini juga dibuat dengan menggunakan bahan sintetis. Jenis dari lantai parket ini ada 3 yaitu parket kayu solid, paket laminating dan juga parket sintetis.

Tipe lantai Vinyl

Tipe lantai VinylTipe lantai selanjutnya adalah tipe lantai vinyl. Tipe lantai ini merupakan tipe lantai yang sangat cocok digunakan jika anda memiliki jumlah dana yang terbatas untuk membangun ruangan atau rumah anda.

Hal ini disebabkan karena tipe lantai ini dibuat dari bahan sintetis dalam bentuk lembaran sehingga harganya lebih murah. Kelebihannya adalah daya tahannya sangat lama.

Tapi jika digunakan untuk luar ruangan dan terpapar matahari, warna dan motifnya bisa mudah hilang.

Tipe lantai Karpet

Tipe lantai KarpetUntuk anda yang ingin membuat tampilan ruangan menjadi lebih hangat menggunakan lantai karpet bisa membantu.

Tipe lantai ini biasanya merupakan tipe lantai tambahan. Tipe karpet ini umumnya banyak di terapkan di gedung-gedung perkantoran, hotel-hotel, bioskop dan ruangan.

Pemeliharaan dan perawatan lantai karpet penting untuk diperhatikan karena pada dasarnya, karpet sering menjadi sarang debu dan kotoran, sehingga tipe lantai ini tidak disarankan untuk diaplikasikan di dalam kamar tidur. Lantai karpet perlu dibersihkan secara berkala agar tetap terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

Tipe lantai Lukis

Tipe lantai LukisJenis lantai selanjutnya adalah lantai lukis. Sesuai namanya lantai ini merupakan tipe lantai yang dibuat dengan cara dilukis.

Biasanya lantai ini dibuat untuk memberikan kesan atau efek 3 dimensi sehingga membuatnya menjadi sangat menarik.

Jenis lantai selanjutnya adalah lantai lukis. Sesuai namanya lantai ini merupakan tipe lantai yang dibuat dengan cara dilukis.

Biasanya lantai ini dibuat untuk memberikan kesan atau efek 3 dimensi sehingga membuatnya menjadi sangat menarik.

Baca Juga : 

Tipe lantai Laminate

Tipe lantai LaminateMerupakan tipe lantai yang dibuat dari bahan serbuk kayu yang di proses dengan tekanan dan suhu tertentu menghasilkan lembaran-lembaran laminasi sebagai lantai rumah anda.

Lantai kayu Parket Laminate memiliki sifat mudah lembab dan lebih mudah menyerap air sehingga debu dan kotoran lebih susah dibersihkan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan lantai kayu rusak antara lain adalah seperti cuaca, aktivitas-aktivitas yang dilakukan, membersihkan dan merawat lantai yang salah, dan lain lain.

Walaupun parket hanya berfungsi sebagai pelapis, namun perawatannya juga harus intensif seperti lantai kayu sebenarnya. Diperlukan ketelitian dan penanganan yang sangat baik dalam membersihkan lantai kayu agar tetap bersih dan awet, termasuk mencegah dari serangan hama rayap.

Tipe lantai Kayu 

Tipe lantai Kayu Selain menggunakan serbuk kayu, anda juga bisa menggunakan kayu asli untuk lantai rumah anda. Penggunaan jenis lantai kayu asli untuk  lantai rumah memberikan kesan yang lebih elegan dan juga lebih hangat.

Lantai kayu merupakan salah satu jenis lantai yang sangat disukai oleh masyarakat. dengan corak yang natural dan tampilan yang begitu elegan tentunya akan menambah nilai estetika pada hunian anda. ada banyak lantai kayu yang bisa anda jadikan pilihan sebagai penutup lantai rumah anda.

Dari mulai lantai kayu Jati, lantai kayu merbau, Lantai kayu Sonokeling, Lantai kayu Sungkai, lantai kayu bengkirai dan lain-lain.

Itulah beberapa tipe jenis lantai rumah yang dapat anda terapkan dalam bahan bangunan sebelum memilih dan mengaplikasikannya di dalam hunian.

Perlu diingat, pilihlah tipe lantai rumah yang sesuai dengan fungsi, selera, dan kebutuhannya. Terus simak artikel lainnya, hanya di Fabelio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *