Jenis Pipa Air dari Bahan Besi dan Plastik

cekbahanbangunan.com – Ketika membuat rumah, selain memperhatikan mengenai material bahan bangunan yang digunakan untuk membuat beton perhatikan juga material lain seperti material pipa yang juga dibutuhkan dalam rumah anda.

Pipa yang digunakan dalam pembangunan rumah ada sangat banyak jenisnya. Mulai dari Jenis Pipa PVC, Pipa PPR, pipa Galvanis dan juga pipa HDPE. Apa perbedaan dari keempat jenis pipa ini? Berikut ini adalah ulasan Jenis Pipa Air dari Bahan Besi dan Plastik.

Jenis Pipa PVC

Pipa PVCSalah satu jenis pipa yang sangat populer untuk digunakan adalah jenis pipa PVC. Pipa PVC adalah sebuah pipa yang dibuat dari bahan PVC. Bahan PVC ini sendiri merupakan singkatan dari Poly Vynil Chloride. B

ahan ini merupakan bahan yang sangat banyak digunakan dalam pembangunan rumah. Hal ini disebabkan karena jenis bahan ini memang memiliki sifat yang  kuat sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan.

Penggunaan dari pipa PVC ini antara lain dalam untuk saluran  sumur bor, penggunaan air buangan hingga digunakan untuk keperluan usaha seperti usaha pengairan untuk persawahan.

Jenis dari pipa PVC ini ada banyak sekali. Jenis ini biasanya dibedakan dalam ukuran dari pipa PVC. Pipa PVC yang memiliki ukuran yang lebih besar biasanya memiliki dinding yang  yang lebih tebal dan digunakan untuk saluran bahan-bahan yang mudah terkontaminasi atau sebaliknya.

Jenis Pipa PPR

Pipa PVRJenis pipa kedua yang akan kami bahas adalah Jenis Pipa Air PPR. Pipa PPR adalah pipa yang terbuat dari bahan PPR atau  Poly Prophlene Random.

Bahan pipa yang satu ini adalah bahan yang memiliki kelebihan dari kemampuannya dalam menahan suhu tinggi dan juga rendah.

Hal inilah yang menyebabkan jenis pipa PPR ini paling banyak digunakan untuk mengalirkan air dingin dan air panas. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pipa PPR. Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Untuk kekurangannya, jenis pipa PPR ini memiliki kekurangan dari segi harganya.

Untuk harganya, pipa ini memiliki harga yang cukup tinggi. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan dari pipa ini banyak di ganti dengan penggunaan pipa HDPE.

Jenis Pipa Galvanis

Jenis Pipa GalvanisPipa besi adalah pipa yang sangat  populer digunakan untuk mengalirkan bahan-bahan yang mudah terkontaminasi.

Hal ini disebabkan karena daya serapnya yang rendah. Selain itu ia juga kuat dan memiliki banyak variasi. Sayangnya jenis pipa ini memiliki beberapa kekurangan.

Kekurangannya dari jenis pipa galvanis adalah mengenai bobot yang dimilikinya yang membuat pemasangannya menjadi sulit untuk dilakukan anda juga mengenai ancaman terhadap karat. Sesungguhnya Jenis Pipa Air ini memang memiliki daya tahan terhadap karat. Akan tetapi daya tahan ini hanya berlangsung untuk waktu tertentu.

Jenis Pipa HDPE

Jenis Pipa HDPEJenis pipa terakhir yang akan kami bahas adalah jenis pipa HDPE. Jenis pipa yang satu ini adalah jenis pipa yang banyak digunakan untuk mengganti penggunaan pipa besi. Jenis pipa ini dibuat dari bahan HDPE yang merupakan singkatan dari High Density Poly Ethylene.

Pipa yang dibuat dengan menggunakan bahan ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Karena kekuatan yang sangat tinggi inilah yang membuat pipa ini banyak digunakan sebagai pengganti dalam penggunaan pipa besi.

Selain memiliki kekuatan yang tinggi, kelebihan lain yang dimiliki oleh jenis pipa ini adalah karena fleksibilitas yang dimilikinya. Karena pipa ini merupakan Jenis Pipa Air yang memiliki fleksibilitas yang tinggi maka pipa ini lebih mudah untuk diangkut karena bisa digulung. Kelebihan lainnya adalah dari segi bobot yang lebih ringan, ia tidak memiliki potensi berkarat dan juga dapat terapung di air.

Demikian informasi terkait material bahan bangunan Jenis Pipa Air dari Bahan Besi dan Plastik yang dapat Anda terapkan dalam perencanaan kontruksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *