Jenis Pipa Air dari Bahan Plastik

Jenis Pipa Air dari Bahan Plastik

cekbahanbangunan.com – Air merupakan salah satu sumber penghidupan bagi kebutuhuan hidup manusia, jika tidak ada air maka akan sulit bukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari? Akan tetapi untuk mendapatkan air bersih ini tidak mudah.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai penyalurannya. Ketika akan menyalurkan air pastikan type PIPA AIR yang digunakan adalah pipa yang tepat. Untuk penyaluran air sendiri ada beberapa tipe pipa yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa material bahan bangunan jenis pipa yang bisa anda gunakan untuk menyalurkan air. Apa saja? Berikut ini adalah Jenis PIPA AIR dari Bahan Plastik beserta ulasannya.

Jenis Pipa Air PVC

Pipa PVCSalah satu jenis PIPA AIR yang banyak digunakan untuk menyalurkan air baik air bersih ataupun air limbah adalah pipa PVC. Jenis pipa ini merupakan type pipa yang paling umum untuk digunakan untuk saluran air.

Hal ini disebabkan karena type pipa ini memiliki banyak kelebihan. Mulai dari kemudahannya untuk ditemukan, pemasangannya yang mudah dan juga mengenai daya tahannya yang tinggi.

Walaupun dalam hal kekuatan tidak setara dengan pipa besi, namun dalam perkembangannya pipa PVC terus diperbarui menggunakan komposisi material yang lebih baik hinga hasilnya lebih sempurna dan kuat.

Baca Juga : https://harga.info/harga-pipa-pvc/

Jenis Pipa Air PVC O

Pipa Air PVC OSelanjutnya adalah jenis pipa PVC O, tipepipa ini merupakan type pipa yang dikembangkan dari model pipa PVC. Jenis ini memiliki kelebihan berupa kekuatannya yang lebih baik meski memiliki material yang lebih tipis. Jenis pipa ini juga memiliki elastisitas yang lebih tinggi sehingga tidak mudah pecah dan retak.

Pipa PVC-O adalah pipa terbaik dari produk yang dibuat dari bahan Polyvinyl Chloride. Dengan metode yang berbeda tersebut membuat pipa PVC-O lebih elastis, kuat, dan tidak mudah retak dari pendahulunya. Selain itu pipa dengan teknologi PVC-O juga meiliki dinding pipa yang lebih tipis. Pipa ini adalah produk yang didesain lebih tangguh dan kuat dari pipa konvensional dan digunakan mengalirkan kebutuhan air bersih.

Kualitas yang sangat baik juga membuat pipa ini tidak mudah bocor. apabila anda memilih untuk menggunakan pipa ini, anda sebaiknya melakukan instalasi dengan benar. Kesalahan dalampemasangan dapat mengakibatkan masalah di kemudian hari seperti masalah kebocoran.

Baca Juga : http://pipawavin.com/blogs/intip-kelebihan-pipa-pvc-o/

Jenis Pipa Air CPVC

Pipa Air CPVCPengembangan dari type PIPA AIR PVC yang lainnya adalah pipa CPVC. Pipa CPVC merupakan pipa yang memiliki kemiripan dengan pipa air berjenis PVC. Hanya saja pipa CPVC ini lebih dikhususkan untuk menyalurkan air panas dengan suhu tinggi, lebih dari 180 derajat celcius. Hal inilah yang kemudian membuat popularitas pipa CPVC tidak sepopuler pipa PVC karena memang cukup jarang ditemui atau digunakan di tempat-tempat umum.

Jenis pipa ini merupakan type pipa yang memiliki kelebihan berupa tingginya suhu yang bisa ditahannya. Berdasarkan klaimnya, pipa CPVC ini mampu digunakan untuk mengalirkan air yang memiliki suhu lebih dari 1800 Celcius. Hal ini merupakan kelebihan utama dari pipa air ini.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh tipe pipa ini adalah mengenai ketebalan dindingnya. Secara umum, pipa ini di desain dengan model yang lebih tebal sehingga lebih aman digunakan untuk saluran air dingin dan panas yang ada di rumah anda.

Jenis Pipa Air HDPE

Pipa HDPEPipa HDPE SUPRALON adalah merk Divisi Pipa yang guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan kualitas pipa yang bagus dan tahan lama. yang telah diuji sesuai dengan standart SNI dan ISO.

Pipa hdpe memiliki harga di atas pipa pvc ,karena kekuatan pipa hdpe lebih tinggi daripada kekuatan pipa pvc. Pipa pvc hanya dapat menahan tekanan air hanya sampai 10 bar saja.  Sedangkan untuk pipa hdpe dapat menahan tekanan jauh lebih besar dari 10 bar. Kualitas pipa hdpe tidak perlu di ragukan lagi karena pipa hdpe dapat tahan lama hingga lebih dari 50 tahun dan terbuat dari bahan Polyethylene.

Kelebihan pipa air yang satu ini adalah mengenai elastisitasnya yang tinggi dan juga bahannya yang aman. Ya, bahan pembuatan pipa HDPE adalah bahan yang dijamin anti racun sehingga sangat cocok digunakan untuk saluran air konsumsi untuk rumah tangga. Biasanya type pipa ini digunakan oleh  perusahaan tapi jika anda ingin menggunakannya di rumah juga tidak masalah.

Selain digunakan untuk perusahaan.  Tipe pipa HDPE ini juga sangat banyak digunakan untuk  saluran air ke daerah-daerah yang memiliki kontur tanah yang tidak stabil, misalnya di pegunungan atau di dataran rendah. Daerah-daerah yang rawan bencana juga akan mendapatkan banyak keuntungan dengan penggunaan saluran air dari bahan HDPE ini.

Jenis Pipa Air PPR

Pipa air PPRJenis pipa selanjutnya adalah pipa air PPR. Jenis PIPA AIR PPR adalah type pipa yang banyak digunakan untuk menyalurkan air untuk sanitasi. Pipa PPR adalah salah satu produk pipa thermoplastik dengan karakter unik. Karena sifatnya yang mampu mengalirkan air bersuhu tinggi dan bertekanan.

Kelebihan yang dimilikinya adalah memiliki fleksibilitas yang tinggi, tidak mudah mengalami abrasi dan juga tahan terhadap gempa. Ia juga memiliki bobot yang ringan yang akan memudahkan dalam proses pemindahan dan juga untuk sanitasi.

Produk Pipa Air PPR di Indonesia ditawarkan dengan dominan warna hijau, meski demikian beberapa merk menawarkan produk jenis ini dengan warna lain seperti putih da abu-abu. Pipa-PPR didesain untuk usia pemakaian hingga 50 tahun. Asal dengan tekanan yang tepat dan suhu fluida yang disarankan.

Jenis Pipa Air PEX

Pipa Air PEXJenis pipa selanjutnya adalah type pipa PEX, type pipa ini memiliki fungsi yang cukup mirip dengan pipa air PPR. Hal ini disebabkan karena type pipa ini mampu membantu menyalurkan air yang memiliki suhu yang terlalu panas dan terlalu dingin.

Pipa air panas dan pipa air dingin PEX dengan merk Westpex merupakan produk pipa dalam negeri dengan kualitas premium yang mempunyai reliabilitas dan tentunya lebih ekonomis.

Pipa PEX dibuat dari polyethylene yang molekulnya saling mengunci satu sama lain (inter-locking). Proses ini menciptakan sambungan tiga dimensional pada molekul sehingga meningkatkan teknikal property pada polyethylene. Pipa ini makin banyak digunakan di seluruh dunia untuk menggantikan pipa PVC, Galvanis, Besi dan Tembaga karena keunggulan dan keuntungan yang ada pada Pipa PEX

Jenis Pipa Air SDR 41 

Pipa Air SDR 41Jenis pipa terafzkhir adalah type pipa SDR 41. Jenis PIPA AIR ini merupakan type pipa yang biasanya digunakan untuk pembuangan air limbah. Produk jaringan perpipaan yang didesain untuk saluran limbah dan air buangan dengan bahan uPVC. Produk ini memiliki karakter tangguh dengan tingkat keretakan rendah.

Kemampuan ini juga membuat saluran tidak berisiko terhadap penumpukan kotoran penyebab masalah pipa mampet. Sehingga saluran buangan Anda akan lebih awet bebas dari perawatan dan penggantian kerusakan material.

Dengan kelebihan dan efektivitas produk dalam mendukung saluran buangan dan air kotor, membuat Harga Pipa SDR-41 lebih efisien dibanding Anda menggunakan produk lain. Hal ini mengingat kebutuhan saluran dan harga produk yang bisa digunakan hingga usia 50 tahun.

Demikian informasi ulasan terkait beberapa material bahan bangunan Jenis PIPA AIR dari Bahan Plastik yang bisa anda terapkan dalam sistem pengairan di rumah Anda.

One thought on “Jenis Pipa Air dari Bahan Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *