Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan

Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan

cekbahanbangunan.com – Semen portland atau biasa menjadi jenis semen yang paling umum ditemukan di pasaran. Semen ini juga sering sekali dipakai untuk bahan pembuatan konstruksi bangunan di darat.

Selain termasuk kategori semen biasa, semen campur juga menjadi jenis semen lainnya yang harus diketahui. Tipe semen campur ini juga terdiri berbagai macam. Inilah kategori Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan.

Jenis Semen Campur Kontruksi Bahan Bangunan

Portland Composite Cement (PCC)

Jenis semen campur pertama adalah portland composite cement. Semen ini merupakan bahan pengkat hidrolis untuk pembuatan konstruksi beton, beton pra cetak dan pra tekan, pemasangan batu bata, paving, dan lain sebagainya. Karakter dari semen ini terjadi lebih simple dan praktis untuk digunakan.

Selain itu, semen ini juga tak mudah retak, kedap air, serta tahan terhadap kadar sulfat yang berbeda. Semen ini biasanya dibuat dari berbagai komposisi seperti bahan anorganic, gipsum, dan terak. Anda bisa dengan mudah menemukan semen ini.

Super Portland Pozzolan Composite Cement (PPC)

Jenis semen campur lainnya adalah super portland pozzolan composite cement. Fungsi dari semen ini adalah sebagai bahan pengikat untuk pembuatan konstruksi beton dan konstruksi bangunan di tepi pantai dan daerah berair.

Hal ini dikarenakan daerah tersebut mempunyai hidrasi panas medium sehingga membutuhkan proses plester lebih banyak. Semen ini biasanya dipakai untuk beberapa bangunan seperti jalan raya, pelabuhan, irigasi, dan lain – lain. Semen ini dibuat dari pozzolan, gipsum, dan terak.

Special Blended Cemeny (SBC)

Jenis semen campur selanjutnya adalah special blended cemeny atau SBC. Semen ini sangat spesial karena dibuat sebagai bahan pengikat untuk pembangunan konstruksi bangunan yang berdekatan dengan air. Bahkan semen ini dipakai untuk pembuatan Jembatan Suramadu. Karakteristik dari semen ini pastinya akan mampu mengkokohkan bangunan diatas air laut ataupun dekat air laut.

Baca Juga : Jenis Semen Biasa/Abu – Abu Beserta Fungsinya

Super Masonry Cement (SMC)

Semen jenis ini juga menjadi kategori semen campur selanjutnya. Semen ini dipakai sebagai bahan pembuatan batu bata, paving block, genteng beton, dan lantai tegel. Semen ini biasanya dipakai untuk bahan konstruksi bangunan irigasi ataupun hunian. Semen SMC ini pertama kali dilaunching di Amerika Serikat.

Oil Well Cement (OWC) Class G-HSR (High Sulfate Resistance)

OWC menjadi tipe semen campur lainnya. Karakteristik semen ini sangat tahan terhadap kadar sulfat yang tinggi. Semen ini menjadi semen khusus untuk keadaan suhu tertentu yang disesuaikan dengan kondisi pengerasan tertentu. Biasanya proyek pengeboran dan pembuatan sumur minyak bumi di bawah laut dan bumi memerlukan semen jenis ini.

Semen Thang Long PCB40

Semen ini menjadi kategori semen campur selanjutnya. Semen ini mempunyai daya tahan amat tinggi terhadap kadar sulfat. Semen ini cocok dipakai untuk pembangunan konstruksi bawah air dan tanah. Selain itu, semen ini juga mempunyai daya tahan tinggi terhadap proses penyerapan air dan lebih tahan lama. Semen ini juga praktis dan hemat karena memiliki kekuatan tinggi.

Semen Thang Long PC50

Tipe semen campur terakhir adalah Thang Long PC50. Semen ini memiliki kegunaan untuk bahan proyek besar nan rumit. Semen ini merupakan semen berspesifikasi tinggi untuk kebutuhan proyek tersebut.

Semen ini memiliki karakteristik khusus yaitu tahan terhadap kadar asam sulfat dan bisa dipakai untuk pembangunan bangunan dibawah air dan tanah. Itulah beberapa jenis semen campur yang bisa Anda ketahui. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan konstruksi bangunan di daerah tertentu dengan kadar sulfat yang berbeda.

Karakteristik Portland Composite Cement (PCC)

  • Lebih mudah dikerjakan
  • Kedap air
  • Tahan sulfat, da
  • Tidak mudah retak
  • Material ini terdiri dari beberapa unsur diantaranya terak, gypsum, dan bahan anoraganik

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

One thought on “Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *