Jenis Triplek Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pelengkap Rumah Anda

Jenis Triplek Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pelengkap Rumah Anda

cekbahanbangunan.com – Salah satu jenis Material bahan bangunan yang banyak digunakan untuk membangun adalah triplek. Setiap jenis material ini memiliki karakteristiknya kontur dan struktur masing-masing, dan tidak semuanya bisa Anda pergunakan untuk semua jenis barang atau bagian rumah.

Urat kayu dan lapisan veneer yang tertanam pada lapisan triplek disusun sedemikian rupa secara berbeda, ada yang tebal dan ada yang tipis, maka dari itu ketahanan, kualitas, dan fungsinya pun berbeda-beda. Jenis dari triplek ini juga ada banyak macamnya, berikut ini adalah Jenis Triplek yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pelengkap Rumah Anda.

Tipe triplek Partikel Board

Tipe triplek Partikel BoardDisebut juga dengan Triplek Low Density Fiberboard . Tipe ini juga banyak disebut dengan singkat LDF. Sesuai dengan namanya, tipe triplek ini merupakan tipe triplek yang dibuat dari partikel atau serbuk gergaji. Selain menggunakan serbuk gergaji, terkadang dalam pembuatan tipe ini juga akan di tambahkan resin sintetis.

Resin digunakan untuk membantu menyatukan partikel yang digunakan dalam pembuatan tipe triplek partikel Board ini. Setelah di campur, serbuk gergaji dan juga resin akan dipres bersama sehingga akan menghasilkan tripleks dengan jenis ini.

Kelebihan yang dimiliki oleh tipe ini adalah mengenai harganya. Karena kualitasnya yang rendah, jenis triplek ini memiliki harga yang cukup rendah. Tipe triplek ini sesungguhnya memiliki tekstur yang padat akan tetapi karena dibuat dari serbuk gergaji maka kekuatan yang dimiliki oleh tipe ini menjadi sangat rendah. Hal ini merupakan kekurangan dari tipe triplek  yang satu ini.

Tipe triplek Medium Density Fiberboard

Tipe triplek Medium Density FiberboardPeningkatan dari tipe triplek LDF, jenis MDF atau Medium Density Fiberboard adalah salah satu tipe triplek yang dibuat dari bahan serat kayu lunak yang dicampur dengan menggunakan serat kayu yang keras. Jika LDF menggunakan resin, dalam pembuatan MDF ini digunakan lem untuk menyatukannya. Setelah ditempelkan, kedua bahan ini kemudian di press dengan tekanan tinggi.

Karena bahan yang digunakan dalam pembuatannya lebih baik maka kualitas dan kekuatan dari MDF ini menjadi lebih baik daripada LDF. Karena kekuatannya yang lebih baik ini MDF banyak digunakan untuk membuat kabinet untuk dapur anda atau sering juga digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Untuk kekurangannya, jenis kayu ini memiliki kekurangan berapa  ketahanannya terhadap air yang tinggi. Hal ini membuat tipe triplek ini menjadi sulit untuk di hiasi.

Tipe triplek Multiplek

Tipe triplek MultiplekSesuai dengan namanya, jenis ini adalah tripleks yang dibuat dari bahan kayu yang di tumpuk. Lebih tepatnya bagian kayu yang digunakan dalam pembuatannya adalah kulit kayu. Kulit kayu yang ditumpuk akan di press dengan tekanan yang tinggi. Tekanan tinggi dari mesin press inilah yang menyebabkan tipe triplek ini berubah menjadi multipleks.

Kelebihannya adalah mengenai kekuatannya yang lebih tinggi. Bahkan jika dibandingkan dengan MDF, kekuatan multipleks ini lebih baik dari segi kekuatan fisik dan ketahanannya terhadap air. Dengan kekuatannya ini, tipe multipleks ini menjadi bahan yang sangat cocok digunakan untuk membuat perabotan.

Tipe triplek Teakblock

Tipe triplek TeakblockTipe triplek selanjutnya adalah Teakblock. Jenis triplek ini adalah tipe triplek yang dibuat dari bahan kayu jati. Karena terbuat dari kayu yang keras, tipe triplek ini memiliki kekuatan yang baik.

Tipe triplek ini dibuat dari lebaran kayu jati yang disatukan dan kemudian di press dengan menggunakan mesin dengan tekanan tinggi.

Tipe triplek ini sangat banyak digunakan untuk melakukan flooring. Hal ini disebabkan karena bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi dan juga memiliki penampilan yang elegan.

Tipe triplek Blockboard

Tipe triplek BlockboardTipe triplek ini dibuat dari 3 bahan kayu lunak yang dipres menjadi 1. Jenis kayu ini memiliki memiliki daya tahan yang baik dan juga memiliki fleksibilitas yang tinggi. Sebagai material kayu olahan yang paling populer digunakan untuk kebutuhan desain interior.

Tipe blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak dan memiliki lapisan multipleks setebal 20-30 mm di bagian tengahnya. Bagian atas dan bawah permukaan blockboard dilapisi veneer kayu sehingga menampilkan kesan halus dan mengilap.

Tipe blockboard  dapat memberikan tampilan akhir yang lebih halus dan licin sehingga sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan dan modern di dalam ruangan. Oleh sebab itu, blockboard biasanya diaplikasikan untuk furnitur interior, seperti meja kerja, rak buku, dan kitchen set.

Tipe triplek Melaminto

Tipe triplek MelamintoMerupakan jenis triplek yang dibuat dari bahan kayu dan melamin. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk membuat furnitur dapur seperti  lemari, laci dan juga kitchen set.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh tripleks melamin, ternyata harganya masih cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tripleks lainnya.

Tripleks melamin memiliki lapisan permukaan yang halus dan licin dan berbeda dari jenis malamin kayu yang kasar serta memiliki serat. Karena permukaannya yang halus, tripleks melamin lebih mudah dibersihkan ketika terkena noda.

Anda dapat memperloleh beberapa jenis tersebut untuk pelengkap dalam material bahan bangunan rumah atau gedung. Dalam memilihnya pun dapat Anda sesuaikan ukuran triplek berdasarkan kebutuhan pembangunan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *