Kelebihan Dan Kekurangan Kaca Untuk Bahan Bangunan

Kelebihan Dan Kekurangan Kaca Untuk Bahan Bangunan

cekbahanbangunan.com – Sejak pertama kali ditemukan, sejak saat itu pula kaca langsung menarik perhatian dunia arsitektur. Material ini begitu unik karena bersifat transparan dan mampu meneruskan cahaya dengan baik.

Apalagi seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat akan desain modern yang memakai material ini sebagai salah satu elemen yang penting. Penggunaan kaca kini bisa ditemukan di hampir seluruh bangunan.

Penggunaan kaca untuk material bahan bangunan memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi tetap ada kekurangan yang dimilikinya sehingga anda perlu melakukan banyak pertimbangan saat akan menggunakannya. Lalu apa saja Kelebihan/Kekurangan Kaca untuk keperluan bahan bangunan ini? Berikut ini adalah Kelebihan Dan Kekurangan Kaca Untuk Bahan Bangunan beserta ulasannya.

Kelebihan penggunaan kaca sebagai bahan bangunan. Kelebihan yang dimiliki oleh kaca sebagai bahan bangunan antara lain adalah :

  • Kemampuan untuk mengatur cahaya

Salah satu kelebihan dari penggunaan material ini sebagai bahan bangunan adalah kemampuannya dalam mengatur kaca. Kaca yang digunakan sebagai bahan bangunan memiliki kemampuan untuk menyerap dan juga meneruskan cahaya. Jenis kaca juga ada banyak macamnya ada yang dibuat transparan tapi ada juga yang bisa ditemukan dengan warna translucent untuk filter cahaya. Ada yang memiliki filter 20% hingga 90% yang bisa anda sesuai akan dengan kebutuhan bangunan anda.

  • Memiliki daya tahan yang tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh kaca yang digunakan untuk bahan bangunan adalah karena daya tahannya yang tinggi. Kaca yang digunakan untuk bahan bangunan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap masalah cuaca. Ia tahan terhadap suhu panas, hujan maupun angin. Selain itu, bahan kaca juga tidak mengalami korosi sehingga dapat digunakan dalam waktu yang lama.

  • Insulator

Kelebihan lain yang dimiliki oleh material ini sebagai bahan untuk bangunan adalah mengenai kemampuannya menjadi insulator yang baik. Sebuah bangunan yang tinggi sangat rentan dengan adanya sambaran listrik. Dengan menggunakan kaca maka masalah ini dapat dihindari.

  • Mudah di bentuk

Selanjutnya, Kelebihan/Kekuragan material ini sebagai bahan bangunan yang akan dibahas adalah mengenai kemudahannya untuk di bentuk sesuai dengan keinginan. Kaca adalah sebuah bahan yang dibentuk dengan cara dipanaskan. Hal ini menyebabkan bahan ini menjadi lebih mudah untuk diubah ke dalam bentuk apapun yang diinginkan. Untuk anda yang menyukai gaya arsitektur yang unik maka menggunakan kaca bisa menjadi penolong dalam bangunan anda.

  • Memiliki daya tarik yang tinggi

Salah satu aspek utama penggunaan kaca sebagai bahan bangunan adalah mengenai daya tariknya. Sebuah kaca dapat dibuat menjadi banyak bentuk seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain itu karakter transparan yang dimiliki oleh kaca juga bisa memberikan day tarik tersendiri untuk bangunan anda.

Kekurangan Penggunaan Kaca Sebagai Material Bahan Bangunan

Baca Juga : 

Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Untuk kekurangan dari material ini antara lain adalah :

  • Harga

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan material ini sebagai material bangunan bisa dikatakan lebih mahal. Hal ini disebabkan karena pembuatan kaca ini juga lebih sulit. Selain itu, untuk menggunakan kaca pada sebuah bangunan akan dibutuhkan kaca dengan ketebalan yang tinggi. Jadi sudah pasti biayanya lebih besar.

  • Rawan tekanan

Meskipun memiliki daya tahan terhadap cuaca yang tinggi, material kaca memiliki kekurangan pada daya tahannya terhadap tekanan. Ketika mendapatkan tekanan yang besar kaca akan lebih mudah retak atau pecah. Hal ini membuat anda perlu mengeluarkan biaya lagi untuk penggantiannya.

  • Tidak tahan terhadap cairan basa

Kekurangan lain dari material ini untuk bahan bangunan adalah mengenai daya tahannya terhadap cairan alkali atau cairan basa. Kaca yang mendapatkan paparan cairan basa dalam waktu yang terus menerus lama kelamaan akan mengalami korosi.

  • Berbahaya digunakan pada daerah rawan gempa

Karena memiliki kekakuan yang tinggi atau tidak memiliki fleksibilitas, penggunaan material ini sebagai bahan bangunan di daerah yang rawan gempa sangat berbahaya untuk dilakukan. Ini adalah kekurangan dari penggunaan kaca dalam artikel Kelebihan/Kekuragan Kaca ini dalam penggunaannya sebagai material bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *