Mengenal Cat Dekoratif, Dari Segi Manfaat dan Kelebihan Yang Ditawarkan

Mengenal Cat Dekoratif, Dari Segi Manfaat dan Kelebihan Yang Ditawarkan

cekbahanbangunan.com – Mendengar istilah cat dekoratif pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita? Sederhananya, istilah tersebut merujuk pada produk yang digunakan dalam teknik finishing dekoratif. Pengecatan dekoratif sendiri merupakan suatu teknik pengecatan dengan hasil yang menampilkan desain atau motif tertentu. Secara sederhana, cat dekoratif didefinisikan sebagai cat yang dapat digunakan untuk memberi sentuhan dekoratif sebagai penghias dinding atau permukaan-permukaan lainnya (furnitur, aksesoris).

Type pengecatan ini merupakan alternatif bagi teknik finishing kovensional dengan hasil permukaan polos. Beberapa motif yang bisa dipilih mulai dari faux finish, spattering, frottage, vintage, dan lain-lain. Berbagai macam efek yang unik yang dihasilkan dari bermacam-macam teknik pengecatan dekoratif, merupakan daya tarik tersendiri bagi yang sudah bosan dengan tampilan cat dinding biasa.

Media yang dibisa dicat dekoratif sendiri beragam, mulai dari kayu, dinding, batu, logam dan semua permukaan yang bisa dicat. Tetapi tentu saja jenis cat dekoratif yang digunakan berbeda untuk masing-masing media tersebut. Meski secara umum, yang dimaksud cat pada teknik finishing ini adalah cat yang mampu menghasilkan warna. Pada dinding, warna tersebut biasanya diaplikasikan pada tahap akhir pengecatan atau sebelum aplikasi wall coating (pelapis transparan yang berfungsi melindungi lapisan di bawahnya). Demikian juga pada kayu, di mana wood stain (pewarna kayu) biasanya diaplikasikan sebelum coating transparan.

Kreasi penggunaan cat dekoratif sendiri sangat luas karena tidak ada metode pakem untuk membuatnya. Pada tembok, pembuatan dekorasi bisa dilakukan dengan bahan seperti plastik hingga roller yang ditempeli dengan motif. Pada kayu, ide yang ingin Anda wujudkan bisa lebih luas lagi mengingat media tersebut lebih mudah difinish dibanding tembok.

Berbeda dengan cat dinding standar yang terkesan impersonal, cat dekoratif bisa memberi sentuhan yang amat pribadi dan menonjolkan keunikan serta individualitas seseorang. Jika cat tembok biasa hanya memberikan hasil tampilan dinding yang polos, maka cat dekoratif menawarkan alternatif lain dan memberi banyak pilihan baru.

Berikut ini beberapa contoh pengecatan dekoratif pada kayu beserta dengan langkah-langkahnya:

Manfaat Pengecatan Dekorasi

  1. Menawarkan tampilan pengecatan alternative dibanding proses pengecatan dengan hasil standar.
  2. Menawarkan berbagai pilihan tekstur serta warna yang bisa Anda sesuaikan dengan tema ruangan secara keseluruhan.
  3. Memberikan fokus pada ruangan karena di antaranya diwujudkan motif tertentu.
  4. Alternatif pengecatan pada media yang tidak sempurna, misalnya tidak rata serta tidak mulus. Dengan aplikasi dekorasi tertentu, kekurangan tersebut dapat disembunyikan dengan biaya yang jauh lebih murah.
  5. Dapat digunakan untuk memaksimalkan manfaat produk cat sisa dengan hasil karya indah.
  6. Sebagai ajang kreasi yang fleksibel dan dapat digunakan sebagai kombinasi bersama coating lainnya misalnya wallpaper, panel kayu (wood paneling), tembok gypsum, dll.

Beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari Pengecatan Dekorasi

  1. Menjadi pilihan alternatif dari penggunaan finsihing cat standar.
  2. Corak, warna dan teksturnya yang amat beragam bisa digunakan sebagai aksen pemanis yang menghidupkan suasana ruangan
  3. Dapat menarik fokus perhatian karena motif dan teksturnya yang menonjol.
  4. Cat dekoratif bisa digunakan untuk menutupi atau mengalihkan perhatian orang dari kondisi permukaan dinding yang tidak rata atau tidak mulus, dapat menjadi solusi murah untuk memaksimalkan dinding yang kurang rapi.
  5. Memanfaatkan bahan-bahan sisa cat untuk membuat sebuah karya kreatif.
  6. Pemakaiannya yang fleksibel, bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan pelapis dinding lainnya untuk menghasilkan dekorasi yang unik dan personal, misalnya dikombinasikan dengan cat dinding polos, wall paper, panel dinding kayu, dinding tembok/semen, dinding gipsum, maupun kayu.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Mengenal Cat Dekoratif, Dari Segi Manfaat dan Kelebihan Yang Ditawarkan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *