Mengenal Kayu Lapis Indonesia Hingga Harga 2020

Mengenal Kayu Lapis Indonesia Hingga Harga Terbaru

cekbahanbangunan.com –Dalam istilah kayu bangunan terdapat material kayu lapis? pada kesempatan kali ini setidaknya akan membagikan pengetahuan mengenai produk yang memiliki nama lain plywood itu sekaligus harga terbaru kayu lapis Indonesia. Marinkita simak lebih dalam.

Apa Pengertiannya Kayu Lapis?

Kayu lapis adalah salah satu jenis kayu olahan yang terbuat dari lembaran tipis kayu. Lembaran-lembaran tipis tersebut diposisikan berlawanan 90 derajat menurut arah seratnya lalu dilem dengan adhesive khusus. Bersama dengan MDF dan particle board, kayu olahan ini termasuk golongan engineered wood kategori manufactured board (papan buatan).

Di masyarakat, kayu lapis Indonesa ini dikenal karena sering hadir sebagai papan luas, dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Pola serat masih ada, sehingga membuatnya berbeda dari MDF dan particle board yang tak lagi punya pola serat
  2. Tipis, kisaran ketebalannya hanya beberapa mm
  3. Lebar, hadir dalam bentuk papan luas

Apa saja Sinonim atau Nama lain Kayu ini?

Plywood merupakan istilah lain dari produk ini dalam Bahasa Inggris. Selain plywood, kita juga mengenal istilah tripleks dan multipleks. Keduanya pada dasarnya adalah bagian dari produk kayu olahan ini. Hanya saja, jumlah lembaran kayu yang digunakan berlainan, di mana multiplex memiliki jumlah lembaran yang lebih banyak dibanding triplex. Dan karenanya, harga kedua produk itu menjadi berlainan.

Baca Juga : Multiplex Kayu – Pengertian dan Fungsi Dalam Kontruski Bangunan

Bagaimana Cara Membuat Kayu Lapis?

Proses pembuatan kayu ini jelas tak sederhana. Namun prinsip dasarnya secara umum sederhana. Sebagaimana disebut di atas, kayu ini dihasilkan dari pengeleman lembaran tipis kayu yang posisinya dibuat berlawanan 90 derajat. Posisi ini memang disengaja sedemikian rupa dengan tujuan agar mengurangi kecenderungan lembaran kayu saling lepas di bagian ujung, mengurangi kembang susut yang menguat bila arah serat sama, hingga meningkatkan stabilitas dimensional. Nama teknik ini adalah cross graining. Selain itu, jumlah lembaran yang digunakan biasanya ganjil supaya lebih seimbang dan mengurangi penggelundungan.

Apa Saja Fungsinya?

Ada sangat banyak fungsi atau manfaat kayu lapis. Berikut ini beberapa contoh fungsi dari kayu olahan tersebut.

  1. Digunakan untuk material mebel atau furniture. Untuk menekan biaya produksi, banyak pelaku usaha mebel yang memanfaatkan kayu ini. Biasanya tripleks atau multipleks digunakan untuk bagian belakang almari, meja belajar, hingga bagian frame meja rias.
  2. Digunakan untuk komponen bangunan misalnya dalam pembuatan pintu, pemasangan lantai kayu, dan juga pemasangan dinding kayu.
  3. Digunakan untuk komponen alat transportasi. Misalnya dinding kayu untuk kapal pesiar.
  4. Digunakan untuk membuat kerajinan.

Adakah Jenis-jenis Kayu Lapis yang Berlainan?

Ada beberapa tipe atau jenis multiplek dan triplek. Selain berdasarkan kayu dan ketebalannya, secara umum kita juga bisa membaginya menjadi:

  1. Softwood Plywood. Tipe ini dibuat dari kayu berbiji terbuka seperti cedar dan pinus.
  2. Hardwood Plywood. Jenis ini umumnya dibuat dari kayu pohon angiospermae non tropical region. Secara umum, kualitasnya lebih baik dari softwood.
  3. Jenis Kayu Tropis. Tipe kayu ini tergolong sebagai produk berkualitas premium, lebih baik dari softwood plywood, dan harganya pun cukup terjangkau. Sebagaimana namanya, tipe ini dibuat dari kayu yang didapatkan dari area tropis termasuk Indonesia.
  4. Aircraft Plywood. Tipe ini biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan aircraft. Jenis kayu yang sering digunakan antara lain adalah mahoni.

Berapa Harga Plywood?

Harga kayu lapis sangat variatif. Harganya bisa dimulai dari Rp. 30.000,-,- an sampai dengan Rp. 60.000,-,- an lebih. Secara umum, plywood lebih murah dibanding produk kayu solid. Tapi ada juga lho produk kayu ini yang sangat mahal.

Baca juga : Jenis Kayu Terbaik Untuk Bangunan dan Furnitur

Apa yang membuat harga produk ini begitu beragam?

  1. Merk dari produk kayu terkait
  2. Kualitas keawetan sampai kekuatan
  3. Ketebalan, umumnya makin tebal makin mahal
  4. Tempat di mana kita membeli produk tersebut
  5. Jenis kayu yang digunakan dan ongkos produksi secara umum

Berikut ini contoh harga untuk tipe triplek untuk kayu meranti berukuran 122 cm x 124 cm terbaru untuk tahun 2020.

  1. 3 mm, kisaran harga Rp 40.000,-
  2. 4 mm, kisaran harga Rp 50.000,-
  3. 8 mm, kisaran harga Rp 85.000,-
  4. 9 mm, kisaran harga Rp 90.000,-
  5. 12 mm, kisaran harga Rp 150.000,-
  6. 15 mm, kisaran harga Rp 180.000,-
  7. 18 mm, kisaran harga Rp 225.000,-

Bandingkan bila kayu yang ditawarkan adalah sengon.

  1. 3 mm, kisaran harga Rp 39.000,-
  2. 4 mm, kisaran harga Rp 49.000,-
  3. 8 mm, kisaran harga Rp 80.000,-
  4. 9 mm, kisaran harga Rp 90.000,-
  5. 12 mm, kisaran harga Rp 120.000,-
  6. 15 mm, kisaran harga Rp 150.000,-
  7. 18 mm, kisaran harga Rp 160.000,-

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan dalam Mengenal Kayu Lapis Indonesia Hingga Harga Terbaru! semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *