Mengenal Struktur Beton Bertulang?

Beton Bertulang

cekbahanbangunan.com – Mengenal Struktur Beton Bertulang? Jika saat ini anda berada dalam posisi proses membangun rumah impianmu, istilah beton bertulang tentunya akan cukup familiar. Terlebih jika rumah yang tengah kamu bangun merupakan jenis rumah bertingkat, maka penggunaan beton dandak mungkin wajib ada dalam konstruksi hunianmu.

Namun sebelum kita membahsa lebih jauh apa penjelasan dari konstruksi beton bertulang? Serta bagaimana pengunaan dan fungsinya dalam sebuah kontruksi struktur bangunan hunianmu? Mari mengenal lebih dalam mengenai struktur beton bertulang

Pada tahap ini kita dihadapkan dengan istilah beton. Beton merupakan konstruksi bangunan hasil campuran dari pasir, kerikil ataupun batu pecah, dengan semen dan air. Walaupun memiliki kekuatan dengan daya tekan yang tinggi, tidak dapat dipungkiri material beton memiliki kekuatan daya tarik yang rendah sehingga akan sangat mudah retak bahkan hancur saat ada tegangan tarik akibat beban, susut, hingga perubahan temperatur.

Agar dapat memberikan kekuatan tarik pada beton, untuk itu digunakanlah tulangan baja pada bagian dalam beton yang mampu memberikan kekuatan tarik yang tak dimiliki beton. Konstruksi inilah yang kemudian dinamakan dengan istilah konstruksi beton bertulang.

Keunggulan Penggunaan Konstruksi Beton Bertulang Pada Bangunan 

Meskipun konstruksi beton lemah terhadap daya beban tarik, kekuatan daya tekan yang dimiliki oleh beton bertulang lebih tinggi dari pada material konstruksi lainnya. Ditunjang dengan kehadiran tulangan baja guna menanggulangi masalah pada kekuatan tarik membuat konstruksi beton lebih kokoh dan cenderung memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan material konstruksi lainnya.

Baca juga : Jenis Jenis Beton Dalam Konstruksi Bangunan

Material beton menjadi primadona dalam sebuah konstruksi salah satunya karena daya tahan yang sangat baik terhadap air dan juga api. Terlebih pada saat terjadi musibah kebakaran dan juga banjir, material beton yang padat mampu melindungi tulangan pada beton dari api dan air sehingga umumnya kerusakan hanya akan terjadi pada bagian permukaan saja.

Dibandingkan konstruksi lainnya, konstruksi beton juga unggul dalam hal perawatan. Tak cuma mudah dan praktis, biaya pemeliharaan dari konstruksi beton bertulang juga relatif lebih rendah menjadikannya termasuk konstruksi yang umum digunakan pada rumah-rumah modern yang mengutamakan kemudahan dalam hal pemeliharaan.

Konstruksi beton juga memiliki durabilitas yang tinggi. Kontruksi ini terkenal akan keawetannya dan tahan lama dibandingkan dengan bahan lain. Secara umum struktur beton bertulang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Apalagi, kandungan kimia dalam semen pada beton justru cenderung akan semakin membatu (kuat) seiring bertambahnya usia dari konstruksi beton.

Dalam hal desain, fleksibilitas dalam pengolahan bentuk beton memungkinnya untuk dirancang sesuai dengan estetika desain yang diinginkan pada bangunan. Selain sebagai struktur, pengolahan bentuk beton bertulang juga bisa digunakan untuk mengeksplorasi bentuk dari fasad rumah atau bangunan.

Baca juga : Jenis Semen Campur Dalam Kontruksi Bangunan

Dari segi biaya pembangunan, konstruksi beton yang dibuat dari bahan-bahan lokal seperti pasir, kerikil, air dan bahan lainnya menjadikan konstruksi beton cukup ramah dalam hal pembiayaan. Tidak hanya mencakup biaya bahan pembuatan dan instalasi konstruksi beton lebih mudah dan cukup dengan tenaga berkeahlian rendah juga menjadikan biaya pengerjaan juga relatif lebih terjangkau.

Kini kamu semakin memahami bukan bagaimana peran dan pentingnya kehadiran konstruksi beton pada bangunan rumahmu. Dengan memahami fungsi dan cara kerja dari beton bertulang, tentu rancangan rumah tak hanya akan lebih kokoh, kamu juga bisa mengolah lebih banyak bentuk dan eksplorasi desain yang tak hanya menarik secara tampilan, tapi juga benar secara struktur.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Mengenal Struktur Beton Bertulang?, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *