Multiplex Kayu – Pengertian dan Fungsi Dalam Kontruski Bangunan

multiplex adalah

cekbahanbangunan.com – Apa itu multiplex? Apa bedanya dengan kayu lapis, tripleks atau plywood? Atau jangan-jangan keseluruhan istilah itu sebetulnya sama saja? Agar lebih jelas, mari kita pahami dulu pengertiannya mulai darei karakter, fungsi, dan perbandingannya dengan istilah yang lain.

Pengertian

Multiplex kayu adalah salah satu material untuk pengerjaan mebel dan bangunan yang keberadaanya cukup populer di masyarakat awam sekalipun. Lantas apa sebenarnya multiplex itu sendiri? Dari pengertian yang paling sederhana, Multiplex adalah bahan sebagai kayu olahan yang dibuat dari beberapa lapisan kayu tipis yang sifatnya lebar. Lapisan kayu tersebut disatukan dengan resin dan diatur sehingga antara satu dengan yang lainnya berotasi 90 derajat.

Bahan pelapis multiplex dengan spesifikasi ini dibuat secara khusus supaya bahan tersebut memiliki kualitas unggulan, misalnya untuk menekan kembang susut kayu. Sedangkan dari grade atau kualitas lapisan kayu yang digunakan, umumnya bagian yang dalam memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding lapisan kayu yang berada di bagian luar.

Karakteristik Multiplex Kayu

  1. Masih memiliki pola serat kayu
  2. Umumnya hadir dalam bentuk papan lebar
  3. Berbentuk Tipis
  4. Pola penumpukan potongan kayu secara horizontal

Jenis Multipleks

Ada beragam jenis multipleks yang tersedia saat ini di pasaran, antara lain adalah hardwood plywood dan softwood. Untuk softwood umunya terbuat dari kayu seperti pinus dan kayu-kayu tak begitu keras lainnya. Sedangkan yang hardwood biasanya terbuat dari kayu-kayu tanaman biji tertutup atau angiospermae.

Baca Juga : Jenis Triplek Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Pelengkap Rumah Anda

Keunggulan Kayu Multipleks

Sebagai kayu olahan alias engineered wood,Kayu Multipleks ini menawarkan berbagai keunggulan, antara lain:

  1. Harga yang lebih terjangkau
  2. Kekuatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan engineered wood yang lain seperti MDF, HDF, hingga particle board
  3. Adanya pola serat yang masih tampak. Hal ini membuat bahan tersebut lebih menarik dan bisa difinishing ataupun diamplas.

Fungsi, Manfaat, atau Guna Multipleks

Bahan ini telah banyak digunakan untuk berbagai bidang sesuai dengan karakteristiknya. Berikut ini berbagai contoh pemakaian multiplex.

  1. Di bidang mebel, bahan ini sering digunakan sebagai salah satu material untuk membuat furniture. Misalnya sebagai bagian belakang almari. Dengan harga yang lebih murah, furniture dengan bahan ini pun akan bisa dijual dengan lebih murah oleh pembuatnya.
  2. Di bidang konstruksi bangunan, bahan ini banyak digunakan untuk elemen interior ataupun eksterior. Ia bisa digunakan untuk lantai, dinding, hingga paflon rumah.
  3. Di bidang transportasi. Di bidang ini, multipleks banyak dipakai untuk interior alat transportasi. Contohnya adalah untuk elemen interior kereta api.

Plywood, Kayu Lapis, dan Tripleks

Apa perbedaan plywood dengan multiplex, kayu lapis, dan tripleks? Untuk plywood dan kayu lapis, sebenarnya bahan ini masuk dalam kategori kedua istilah itu. Plywood dalam bahasa Indonesia biasa disebut kayu lapis. Kayu lapis sendiri terdiri atas beberapa varian. Dua di antaranya adalah multipleks yang jumlah lapisan kayunya lebih banyak dan tripleks yang jumlah lapisan kayunya lebih sedikit. Dengan demikian, dari segi kekuatan, tripleks masih lebih kalah dibandingkan dengan multipleks.

Beda Multiplex dengan Blockboard

Sementara multipleks memiliki makna yang sama dengan kayu lapis dan plywood serta berada dalam satu kategori bersama dengan tripleks, hal yang berbeda ketika bahan ini disandingkan dengan blockboard. Blockboard adalah kayu olahan yang terdiri dari potongan kayu lapis yang lebarnya beberapa millimeter saja.

Kayu-kayu ini tidak lebar seperti pada plywood melainkan sempit tapi panjang. Sehingga untuk menghasilkan blockboard, kayu-kayu tersebut harus disatukan sehingga dari samping membentuk garis tempelan vertikal. Berikutnya, papan yang terbentuk dilapisi dengan veneer. Salah satu blockboard yang terkenal adalah teakblock atau yang biasa disebut tikblok.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan seputar Bahan Bangunan mengenai Multiplex Kayu – Pengertian dan Fungsi Dalam Kontruski Bangunan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terkait jenis yang dapat Anda terapkan dalam konturuksi bangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *