Penggunaan Dinding Kaca Dari Segi Estetika Hingga Harga Yang Dikeluarkan

Dinding Kaca

cekbahanbangunan.com – Desain rumah dengan konsep minimalis modern sangat menjunjung tinggi penggunaan material dinding kaca sebagai bagian elemen desain primer. Penggunaan kaca dinding pada salah satu atau lebih sisi tembok dapat memberikan nuansa tersendiri didalam rumah.

Estetika hingga keamanan sebuah ruangan dipengaruhi oleh elemen yang membentuk ruangan tersebut. Tembok atau dinding menjadi elemen paling penting yang memberikan dampak pada kondisi dalam ruangan. Sampai saat ini, kebanyakan tembok di dunia terbuat dari semen batu-bata dan juga kayu.

Tapi masih banyak bahan alternatif lainnya yang bisa dikombinasikan guna membentuk dinding dengan sentuhan modern.  Alternatif  bahan seperti ini tak melulu bisa digunakan sendiri, tapi bisa juga dikombinasikan dengan bahan dinding yang lain, seperti hal nya penggunaan kaca dinding dalam konsep rumah modern.

Jika saat ini Anda sedang memperhitungkan penggunaan material dinding tembok dalam desain rumah impian, salah satu contoh penggunaan bahan alternatif untuk tembok yang menarik adalah gelas atau kaca.

Keuntungan dan Kekurangan Penggunaan Material Dinding Kaca

Keuntungan Dinding Tembok dari Bahan Gelas

  1. Ruangan jadi terlihat lebih luas
  2. Pandangan tak terhalangi ke luar ruangan, sedikit banyak hal ini bisa memberikan keuntungan dari segi keamanan. Dengan kata lain, keindahan pemandangan eksterior termaksimalkan
  3. Bagi yang punya halaman cantik dan pemandangan luar lainnya yang menarik, penggunaan tembok kaca 100% akan membuat keindahan eksterior itu bisa dinikmati lebih maksimal
  4. Dari segi estetika, ruangan bisa dipercantik dengan lighting (pencahayaan) yang tepat untuk memberikan nuansa lebih romantis
  5. Bisa dihias dengan teknik glass painting yang akan membuat ruangan jadi terlihat mewah, bohemian, atau etnik
  6. Sangat cocok dengan rumah gaya minimalis dan modern
  7. Kedap suara
  8. Memaksimalkan pencahayaan

Baca juga: Kelebihan Dan Kekurangan Kaca Untuk Bahan Bangunan

Kekurangan Dinding Tembok dari Bahan Gelas

  1. Jika ceroboh, hal privat yang kita lakukan di dalam ruangan bisa terlihat dari luar dan pastinya ini akan menjadi “bencana”
  2. Pihak-pihak yang berniat jahat bisa mengintip interior rumah dari luar
  3. Di malam hari bisa memberikan kesan seram (subjektif)
  4. Bila kualitas kaca yang dipilih kurang baik, penggunaan dinding seperti ini bisa sangat membahayakan. Apalagi serpih-serpihnya apabila rusak bisa menyebabkan luka
  5. Bila aplikasinya di tempat yang salah, pencahaan pada ruangan justru bisa jadi berlebihan
  6. Kerusakan fisik tak bisa diperbaiki semudah dinding tembok biasa
  7. Tak banyak tukang bangunan yang bisa memasangnya
  8. Harga lebih mahal bila dibandingkan dengan tembok biasa
  9. Harus dibersihkan secara rutin

Jenis Dinding Kaca

Jenis dinding kaca yang dapat diaplikasikan tidak terpokus berupa kaca bening. Salah satunya adalah jenis kaca bening yang dapat memberikan aksen nyaman dalam sebuah ruangan. Satu hal yang perlu anda perhatikan pada saat membeli kaca untuk keperluan tembok rumah, Anda perlu memastikan kepada penjual bahwa Anda mencari produk untuk dinding! Jangan sampai Anda mencari produk kaca dengan kualitas  rendah yang dapat membahayakan keamanan penghuni rumah dan bangunan.

Kualitas-kualitas yang harus diperhatikan di antaranya Kualitas Glass Wall

  1. Kekuatan kaca menahan beban dan sebagai struktur
  2. Ketahanan kaca pada sinar matahari, perubahan suhu di tempat Anda, dan sejenisnya
  3. Sifat kaca pada air, solvent, dan zat-zat lainnya
  4. Struktur kaca dan bagaimana kaca tersebut akan pecah ketika mengalami kerusakan
  5. Kekedapan suara kaca

Baca Juga : Jenis Kaca Untuk Bangunan Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Harga Dinding Kaca dan Estimasi Biaya Pasang

Perlu diketahui tidak semua jenis dinding kaca bisa diapliksikan untuk dinding. Di bawah ini adalah harga kaca tempered (jenis kaca yang umumnya digunakan sebagai wadah di dalam kulkas).  Berikut list harga kaca tempered yang umum dipasaran.

  1. Tempered glass tebal 5 mm/ m2: Kisaran harga Rp. 200.000,
  2. Tempered glass tebal  6 mm/ m2. Kisaran harga Rp.250.000,-
  3. Tempered glass tebal  8 mm/ m2. Kisaran harga Rp. 400.000,-
  4. Tempered glass tebal  10 mm/ m2. Kisaran harga Rp. 400.000,-
  5. Tempered glass tebal  12 mm/ m2. Kisaran harga Rp. 450.000,-
  6. Tempered glass tebal  15 mm/ m2. Kisaran harga Rp. 1.900.000,-
  7. Tempered glass tebal  19 mm/ m2/. Kisaran harga Rp. 2.450.000,-

Ini hanya sebatas harga material belum termasuk biaya tambahan berupa biaya tukang dan juga bahan finishing lainnya yang diperlukan. Untuk biaya tukang, sebagai antisipasi harga jasa yang lebih mahal (mulai dari Rp. 150.000,- ke atas per pemasangan) karena perlua keahlian khusus dan tak semua tukang bangunan dapat melakukannya.

Mengecat Dinding Kaca?

Selain itu material Kaca juga dapat dicat dengan menggunakan teknik glass painting atau pengecatan kaca yang sudah dilakukan sejak dulu. Pengecatan kaca tembok bisa dilakukan di keseluruhan kaca atau di beberapa bagian saja. Di Indonesia, kita kenal betul dengan keindahan kaca-kaca di rumah ibadah islam yang umumnya mengimpor dari produk atau gaya timur tengah.

Demikian ulasan singkat terkait material bahan bangunan Penggunaan Dinding Kaca Dari Segi Estetika Hingga Harga Yang Dikeluarkan yang dapat anda terapkan untuk interior dan eksterior desain rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *