Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda

Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda

cekbahanbangunan.com – Memiliki furnitur kayu? Jika ya maka menggunakan finishing Kayu untuk furnitur anda akan sangat membantu untuk menjaga penampilan furnitur kayu anda agar tetap indah dan awet.

Jenis pelapis furnitur kayu yang bisa anda gunakan untuk menjaga penampilan furnitur kayu anda sangat banyak. Berikut informasi Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda di antaranya adalah :

Jenis Pelapis kayu bahan Melamine

Jenis Pelapis kayu bahan melamineSalah satu jenis bahan pelapis furnitur kayu yang bisa anda gunakan adalah bahan melamin. Bahan ini merupakan jenis bahan yang belakangan ini sangat populer penggunaan dalam dunia furnitur memang bisa disebut baru. Hal ini menyebabkan banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya.

Kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini adalah mengenai hasil akhir yang diberikannya. Hasil akhir yang diberikan oleh pelapis furnitur kayu dengan bahan melamin ini bisa dibilang sangat mewah dan elegan. Hal inilah yang menyebabkan banyak pengrajin yang ingin menggunakan jenis pelapis furnitur kayu ini.

Untuk hasil akhir yang dimilikinya ada 3 macam yaitu doff, semi gloss dan juga glossy. Anda bisa memilih sesuai dengan hasil akhir yang anda butuhkan. Untuk kekurangannya, jenis pelapis furnitur kayu ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari jenis pelapis furnitur kayu yang lainnya.

Jenis Pelapis kayu bahan Teak Oil

Selanjutnya, jenis finishing Kayu yang juga bisa digunakan untuk melapisi furnitur anda salah teak oil. Jenis pelapis furnitur kayu ini merupakan jenis pelapis yang paling sederhana.

Hal ini menyebabkan jenis pelapis furnitur kayu ini menjadi sangat mudah untuk diaplikasikan. Kemudahannya untuk diaplikasikan ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jenis pelapis furnitur kayu ini.

Untuk menggunakan jenis pelapis furnitur kayu ini anda hanya memerlukan kain dengan bahan kaos lalu  mencelupkannya ke pelapis furnitur kayu ini dan mengoleskannya di furnitur anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan kuas untuk membantu meratakan penggunaan pelapis furnitur kayu ini agar bisa sampai ke pori kayu.

Jenis Pelapis kayu bahan Politure

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk melapisi furnitur anda adalah bahan Politure. Bahan ini merupakan bahan yang banyak gunakan untuk pengrajin mebel.  Bahan ini merupakan bahan yang dianggap paling baik oleh para pengrajin hingga sejak dahulu hingga sekarang masih banyak yang menggunakan bahan ini meski sudah bermunculan bahan pelapis furnitur kayu yang lainnya.

Penggunaan bahan Finishing Kayu ini tidak semudah bahan teak oil. Untuk melumuri furnitur dengan pelapis furnitur kayu ini anda akan membutuhkan semprotan atau spet untuk hasil yang lebih maksimal. Tapi jika anda tidak memiliki alat ini, anda juga bisa mencoba menggunakan kuas yang di buntal dengan kaos untuk memberikan hasil yang lebih merata.

Baca Juga : 

Jenis Finishing Cat Bakaran

Selain menggunakan bahan tambahan, untuk menjaga kondisi furnitur kayu tetap  baik juga bisa dilakukan dengan menggunakan pembakaran. Pembakaran ini dilakukan dengan menyemburkan api pada furnitur yang akan anda gunakan. Penyemburan api ini sebaiknya dilakukan dengan jarak kurang lebih 50 cm sehingga api dapat membantu menjaga kondisi kayu dengan lebih maksimal.

Jenis Pelapis kayu bahan NC atau PU pada cat Duco

Bahan pelapis furnitur kayu lainnya adalah bahan cat Duco yang memiliki kandungan NC atau PU. Bahan ini merupakan jenis bahan yang sangat populer dan digunakan secara internasional. Ia juga memiliki jaminan food grade sehingga lebih aman digunakan.

Poly Urethane / PU sering dikenal dengan sebutan PU, bahan ini menjadi salah satu bahan finishing termahal karena anti gores, tahan panas dan memiliki daya rekat yang sangat kuat terhadap permukaan kayu. Tampilan yang halus dan tipis menjadikan ciri utama dari Nitro Celuloose / NC.

Jenis Pelapis kayu bahan Pernis

Selain bahan Politure, bahan pernis juga merupakan bahan pelapis furnitur kayu yang paling banyak digunakan oleh pengrajin mebel dari dahulu hingga saat ini.

Jenis Pelapis kayu bahan Politure Air atau Aqua Politure 

Untuk anda yang ingin mempertahankan penampilan kayu yang sesungguhnya, menggunakan pelapis furnitur kayu Politure air ini akan sangat cocok untuk dilakukan.

Menapa? Hal ini disebabkan karena jenis Finishing Kayu furnitur kayu ini melapisi kayu dengan warna transparan. Pelindung kayu transparan dengan pengencer air (water based) yang khusus dikembangkan karena kepedulian terhadap lingkungan.

Jenis pelapis ini cocok untuk memperindah elemen interior dan dapat juga digunakan untuk melindungi elemen eksterior seperti pagar, pergola, lisplang, kusen, pintu, dll. dari sinar matahari maupun hujan.

Demikian informasi terkait ulasan bahan bangunan Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *