Tips Merawat Gazebo Bambu Dengan Biaya Minim

Gazebo Bambu

cekbahanbangunan.com – Membangun gazebo bambu sederhana tentunya dapat menambah kualitas istirahat yang didapat karena kenyamanan yang ditawarkannya. Pada umumnya, bangunan mini ini memiliki tampilan unik yang kental dengan kehangatan karena bahan dasarnya yang terbuat dari material bambu.

Terbuat dari bahan dasar bambu, gazebo akan terlihat sangat menawan. Material bambu yang begitu etnik akan membuat suasana gazebo lebih tradisional. Bagi Anda yang memiliki halaman luas dan rumah tipe tradisional, jenis bangunan ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas santai bersama keluarga.

Ciptakan gazebo minimalis indah dengan cara perawatan khusus. Gazebo bukan hanya akan selalu menawan, namun juga terus meningkat keindahannya, gazebo dari bambu juga bisa dikreasikan sedemikian rupa dengan model-model bervariasi. Mulai dari gazebo bambu minimalis model sederhana hingga gazebo modern model rumit, semuanya bisa kamu miliki setiap saat. Keuntungan lebih besar, bisa dimanfaatkan para pebisnis restoran dan hotel. Model gazebo taman bisa dijadikan keunggulan untuk menarik perhatian pengunjung.

Baca Juga : Jenis Kayu Terbaik Untuk Bangunan dan Furnitur

Akan tetapi, sebagaimana produk lain pada umumnya, gazebo dari bambu juga akan mengalami penurunan kualitas. Apalagi, penempatannya di luar ruangan menyebabkan ekspos faktor yang sangat merusak seperti cuaca terjadi intens. Tak heran keindahan gazebo akan semakin memudar. Warna kusam, pucat, dan tidak lagi mengkilap menjadikan bangunan ini kurang begitu menarik. Apalagi bila ditambah suara mendecit dan bergoyang-goyang pertanda gazebo harus dikuatkan lagi.

Untuk itulah, perawatan yang memadai perlu dilakukan. Anda tidak bisa bila hanya mengandalkan pembersihan biasa. Kerusakan gazebo dari bambu bukan hanya disebabkan kotoran semata. Ada faktor-faktor lain yang harus diatasi. Misalnya faktor sinar matahari.

Tips Merawat Gazebo Dari Bambu

Sinar matahari terdiri dari berbagai gelombang. Salah satunya adalah sinar UV. Gelombang sinar UV dapat menyebabkan kerusakan parah apabila terjadi dalam jangka waktu terus menerus. Sinar inilah yang bertanggungjawab besar pada kusamnya warna gazebo bambu. Coating atau cat pada bambu akan rusak dan bila tidak segera di atasi, UV akan langsung merusak substrat bambu itu sendiri. Hal ini menjadi semakin parah bila ditambah dengan ancaman dari faktor lain seperti air dan bakteri pembusuk.

Lantas perawatab apa yang harus dilakukan?

  1. Pertama lakukan pembersihan rutin agar bakteri pembusuk dapat diminimalisir
  2. Letakkan batu-batu alam di bawah gazebo atau material lain agar gazebo tidak banyak kontak langsung dengan tanah
  3. Lakukan pengecatan ulang bila lapisan cat sudah mulai rusak

Selain ketiga langkah di atas, aplikasikan pula produk perawatan khusus untuk proteksi outdoor gazebo dari bambu. Anda bisa memanfaatkan produk yang disebut sebagai wax polish. Misalnya p*raffin wax dan Bi*polish beeswax. Selain bisa meningkatkan keindahan gazebo, pemoles seperti itu juga bisa memberikan ekstra proteksi.

Baca Juga : Tipe Material Finishing Kayu Untuk Furnitur Anda

Harga Gazebo Sederhana 2020

Dilansir dari laman hargaper.com, berikut ini adalah harga gazebo sederhana dengan hitungan 950 ribu per meter perseginya.

No Ukuran Harga
1 1 x 1 meter Rp2,3 juta
2 1 x 1,5 meter Rp2,75 juta
3 1,5 x 1,5 meter Rp3,2 juta
4 1,5 x 2,5 meter Rp3,7 juta
5 2 x 2 meter Rp4,4 juta
6 2,5 x 2,5 meter Rp5,5 juta
7 3 x 3 meter Rp7 juta

Untuk jenis ukuran yang besarnya di atas 3 x 3 meter, Anda harus mengeluarkan uang dengan kisaran sebesar Rp850 ribu per meter perseginya, dengan catatan, harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah.

Demikian ulasan singkat terkait material bahan bangunan Tips Merawat Gazebo Bambu Dengan Biaya Minim yang dapat anda terapkan untuk interior dan eksterior desain rumah anda.

One thought on “Tips Merawat Gazebo Bambu Dengan Biaya Minim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *